flas script


Cara Jujur dan Curang Mempublikasikan Ketenaran RSS Feed Blog

Sebelum kita membahas masalah ini, marilah kita terlebih dahulu mengenal apa itu RSS feed. RSS merupakan singkatan dari Rich Site Summary atau ringkasan dan bentuk sederhana dari sebuah website. Dan biasanya digunakan di website dengan konten yang dinamis, seperti portal berita dan blog. Sedangkan Feed, atau dalam bahasa Indonesianya disebut umpan web, adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbarui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita). [wikipedia]
Feed default dari 3Brothers Study adalah http://fungsi-media-internet.blogspot.com/feeds/posts/default, sedangkan feed 3Brothers Study yang saya daftarkan di layanan feedburner adalah http://feeds.feedburner.com/blogspot/hwqSH
Manfaat feed yang didaftarkan pada layanan feedburner adalah kita dapat menampilkan suatu form berlangganan artikel di blog kita. Jika seseorang tertarik dengan kandungan artikel suatu blog, maka seseorang tersebut dipersilahkan untuk memasukkan alamat email untuk berlangganan. Setiap kali ada update artikel terbaru, maka feedburner akan mengirimkan artikel tersebut ke alamat email pelanggan.
Kembali ke pembahasan. Jumlah pelanggan artikel suatu blog (menggunakan feedburner) dapat kita ketahui dengan menampilkan gambar “FeedCount” yang menampilkan angka-angka jumlah total pelanggan artikel blog kita. Setiap kali ada pendaftar baru, maka gambar feedcount tersebut akan terupdate secara otomatis.
Nah, Jumlah pelanggan yang terlihat di FeedCount tersebut merupakan salah satu parameter ketenaran suatu blog. Banyaknya pelanggan menunjukkan bahwa orang-orang tertarik dengan isi dari blog kita, yang manandakan artikel-artikel di dalamnya berkualitas (minimal di mata pelanggan). Banyak dari para blogger memajang feedcount, entah karena sekedar ikut-ikutan ataupun karena telah mengerti fungsinya.
Beberapa blogger saya perhatikan memasang feedcount palsu. Gambar feedcount yang mereka pasang biasanya diambil dari blog-blog tenar yang sudah memiliki ratusan atau bahkan ribuan pelanggan artikel. Apa tujuannya? Allahu a’lam. Mungkin saja mereka hendak memancing orang lain agar berlangganan artikel dari blognya, atau mungkin saja mereka ingin pembaca meyakini bahwa blog mereka tenar dan bermutu, hanya saja cara yang mereka lakukan tidaklah elegant.
Bagi orang awam, sekilas gambar feedcount tersebut adalah benar adanya. Saya akan berikan contohnya di bawah ini.
Kedua gambar di atas merupakan gambar FeedCount dari Risofte. Keduanya merujuk pada URL yang sama, yakni http://feeds2.feedburner.com/Risofte. Kedua gambar tersebut pun bersifat dinamis, artinya jika ada pelanggan baru, maka gambar akan terupdate dengan menampilkan perubahan angka. Gambar feedcount di bagian bawah adalah asli, sementara gambar di bagian atas adalah palsu. Kita dapat melihat perbedaannya sebagai berikut.
Untuk pengguna mozilla firefox, klik kanan saja gambar tersebut, kemudian pilih properties. Kita akan melihat kepalsuan gambar sebelah kanan.

Terlihat bahwa alamat URL feed tidak sinkron dengan lokasi gambar. Di sinilah kita tahu bahwa blogger yang memasang FeedCount palsu ini telah melakukan kecurangan :) , Kenapa demikian? Karena ia telah mengambil Gambar FeedCount hak milik orang lain dan kemudian mengklaim bahwa FeedCount tersebut adalah miliknya.
Itulah cara “curang” (baca=licik) yang dilakukan oleh sebagian blogger untuk menampilkan ketenaran blog mereka. Saya lebih suka menyebutnya sebagai pembohongan publik :mrgreen: , karena banyak orang-orang awam yang tidak tahu yang akan menyangka hal tersebut benar.
Lantas kenapa saya mempermasalahkan hal ini, toh tidak ada yang dirugikan di sini? Karena ini menyangkut kredibilitas dari sang blogger itu sendiri. Suatu bentuk kecurangan dapat menurunkan kredibilitas suatu blog. Sebaliknya, suatu kejujuran dan ke-professional-an seorang blogger mampu untuk mengangkat derajat dan kredibilitas blog mereka.
[Sebelumnya saya minta maaf bila ada dari pembaca merasa tersindir dengan postingan ini, karena saya sendiri sedang belajar untuk bermain jujur dan professional, sehingga postingan ini bisa dijadikan motivasi khususnya bagi saya pribadi]
Bagaimana kita bisa memperoleh pembaca/pelanggan artikel yang sebanyak-banyaknya? Yaitu dengan ke-tiga cara berikut:
1. Cara Curang (Baca=licik)
Yaitu cara seperti cara di atas. Ambillah gambar FeedCount milik blogger-blogger terkenal yang subscriber (pelanggan artikel) nya sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan, kemudian pasanglah di sidebar/footer blog anda. Dan klaim lah bahwa FeedCount tersebut adalah milik anda dengan memberikan link URL ke alamat Feed blog anda.
2. Cara Setengah Curang (Baca=cerdik)
Kumpulkanlah email dari teman-teman anda ataupun para pengunjung yang meninggalkan komentarnya di blog anda. Setelah itu masukkan email mereka satu-persatu ke dalam form berlangganan artikel. Di sini anda harus berkorban waktu dan tenaga, yaitu memasukkan email yang anda kumpulkan secara manual. Biarkanlah orang-orang yang anda kirim notifikasi tersebut menerima ataupun menolak ajakan berlangganan artikel dari blog anda. Semakin banyak alamat email yang anda masukkan, maka kemungkinan besar pemilik email tersebut akan berlangganan artikel dari blog anda.
3. Cara Professional
  • Buatlah blog yang bagus, tertata rapi, mudah diakses, performa maksimal.
  • Tulislah artikel-artikel yang bermutu yang banyak dicari orang.
  • Hindarilah artikel-artikel yang membahas masalah “lendir”, warez,
  • provokasi, de el el, karena hal itu dapat menurunkan kredibilitas blog anda.
  • Pakailah bahasa yang mudah dimengerti orang lain, santai, dan tidak kaku.
  • Postinglah artikel secara kontinyu, tidak berlama-lama kosong, dan juga tidak terlalu sering.
  • Yakinkan pembaca untuk berlangganan artikel blog anda, dan buktikan bahwa artikel blog anda bermutu, dan pantas dibaca.
  • Yakinkan diri anda bahwa “Content is The King,
    SEO is Suck” :) . Buatlah konten yang bermanfaat, niscaya SEO pun akan berpihak pada anda
Demikianlah kritikan saya kepada beberapa blogger pada umumnya dan saya sendiri pada khususnya yang masih menerapkan cara-cara yang kurang elegant dalam menarik pengunjung. Semoga ke depannya kita semua dapat lebih baik lagi dan dapat menjadi pribadi yang bersih, jujur, dan professional.
Salam Sukses...!!!

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !
Data Browser Anda
IP


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More