flas script


Kepopuleran Blog Ditentukan Jumlah Komentar?

Membaca tulisan mbak Nunik yang berjudul Komentar Spam Manual Merajalela, saya jadi tergelitik untuk menuliskan sesuatu tema yang paling banyak mendapat perhatian dari kalangan narablog. Apalagi kalau bukan “Komentar“. Di tulisannya, mbak nunik menceritakan tentang tawaran dari seseorang agar dia bersedia memposting 50 buah komentar di suatu forum blog, yang dengan itu mbak nunik akan dibayar sebesar $ 5.00. Kini modus para spammer tidak hanya memanfaatkan bot (mesin) yang secara otomatis akan menyebarkan komentar, namun mereka juga menggunakan media manusia untuk menyebarkan alamat situs mereka.
-- Sekian intronya --
Saya di sini tidak ingin membahas masalah spammer yang semakin merajalela. Namun saat ini saya ingin mengangkat masalah kepopuleran suatu blog dilihat dari jumlah komentar di dalamnya.
Diakui atau tidak, banyak (bahkan mungkin sangat banyak) narablog yang beranggapan bahwa makin banyak jumlah komentar yang masuk, maka semakin populer dan terkenal lah blog tersebut, sampai-sampai ada orang yang berani membayar dengan uang untuk sejumlah komentar yang diterima. Benarkah anggapan tersebut? Anggapan itu tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Karena suatu blog dikatakan populer bila ia memenuhi beberapa kriteria.

3 Kriteria yang wajib dimiliki oleh blog populer:

  1. Terkenal

    Blog tersebut cukup dikenal oleh kebanyakan narablog. Semakin banyak orang yang kenal, maka semakin terkenal pula blog tersebut. Tidak ada kriteria khusus tentang topik yang diangkat, sehingga dengan demikian, blog yang bernuansa SARA pun bisa masuk dalam kategori ini.
  2. Informatif

    Blog tersebut cukup informatif, artinya para pembaca mendapat kepuasan berupa informasi yang mereka cari di blog tersebut. Biasanya blog yang informatif biasa dijumpai pada blog bertemakan tutorial, berita, tips dan trik.
  3. Kredibilitas yang tinggi

    Pemilik blog memiliki kredibilitas yang tinggi yang diakui oleh kalangan lain. Ia biasa direkomendasikan sebagai seorang “master”. Kredibilitas tak lepas dari yang namanya identitas yang jelas. Dia bukan anonim atau narablog yang tidak mempunyai identitas diri. Ia akan selalu terbuka apa adanya mengenai dirinya, tempat kerjanya, bidang kerjanya, dan lain sebagainya.
Ketiga kriteria di atas harus dimiliki oleh sebuah blog jika ia ingin disebut sebagai blog yang populer, tidak peduli berapa jumlah komentar yang masuk di dalamnya.
Penjelasan di atas semoga menyadarkan kita, bahwa tidak selamanya jumlah komentar itu menentukan tingkat kepopuleran blog, karena bisa saja komentar yang banyak tersebut hanyalah sampah belaka.
Salam Sukses...!!!.

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini ! 
Data Browser Anda
IP


2 komentar:

gan, ane udh follow blog ini, minta follbacnya yah di http://aniememaks.blogspot.com/
makasih :)

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More