flas script


Bagaimana membuat file terkoneksi ke database mysql dengan PHP

Database adalah salah satu bagian penting dalam membangun sebuah website yang kompleks dan dapat menyimpan berbagai jenis data. disini kita menggunakan database mysql.

kali ini saya akan sharing mengenai cara mengkoneksikan/menghubungkan antara database MySql dengan website yang akan kita bangun nantinya dengan menggunakan php. Kenapa harus menghubungkan Database dengan Website kita ?

pikirkan jika kita ingin membangun website besar yang kompleks dan dapat menyimpan berbagai jenis data, maka kita harus mempunyai database untuk menyimpan data-data tersebut yang disimpan dalam bentuk tabel-tabel.

Pertama anda harus membuat file dengan nama dbconfig.php ( anda bisa menggantinya dengan nama yang anda inginkan ), kemudian isi file tersebut dengan code berikut ini.

<?PHP
 $conn = mysql_connect("localhost","root","") or die(mysql_error());
 //Pilih database
 $selectDB = mysql_select_db("db_databaseku") or die(mysql_error());
 if (!$selectDB){
 echo "gagal terkoneksi";
 }
?>


Mari kita mulai membahas code di atas perbagian/baris fungsinya dari masing-masing bagian code tersebut..

 Baris 1
1 I  $conn = mysql_connect("localhost","root","") or die(mysql_error());

$conn = ini merupalan sebuah variabel untuk menyimpan nilai dari  mysql_connect(“localhost”,”root”,”") or die(mysql_error());

sebuah variabel dalam php di lambangkan dengan simbol $, jadi $conn ini dapat kita ganti dengan nama apa saja sesuai dengan keinginan kita tapi harus di awali dengan simbol $.
mysql_connect :  ini adalah fungsi untuk menghubungkan dengan Database.
“Localhost” : ini di isi dengan nama server kita, yaitu localhost.
“root” : isi dengan Username dari Database yang kita buat, jika anda menggunakan localhost defaultnya adalah root 
“” : isi bagian kosong ini dengan password dari Database anda, untuk hosting berbayar biasanya kita harus memasukkan password untuk setiap database yang kita buat, namun untuk localhost cukup di kosongkan saja.
or die(mysql_error()); : ini adalah fungsi alert jika koneksi ke database gagal atau ada kesalahan dalam pengisian nama server, username atau password.

Baris 2
2 I $selectDB = mysql_select_db("db_databaseku") or die(mysql_error());

$selectDB : ini tidak jauh beda dari $conn tadi jadi sebagai variabel yang menyimpan nilai dari 
mysql_select_db("db_databaseku") or die(mysql_error());
“db_databaseku” : isi dengan nama database yang telah di buat.

Baris 3 dan 4
3 I if (!$selectDB){
4 I  echo "gagal terkoneksi";

if (!$selectDB){ :  jadi disini kita memakai fungsi if,  jadi code tersebut bisa kita baca jika tidak $selectDB, jadi simbol “!” ini menyatakan “tidak/gagal” , jadi jika selectDB itu gagal maka akan masuk ke langkah berikutnya yaitu munculkan teks “Gagal Terkoneksi”. 

selamat anda sudah menyelesaikan file koneksi ke database anda, semoga bermanfaat...!!!

Tentang Website : 
Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


2 komentar:

SAYA INI lagi belajar membuat form login pendaftaran mahasiswa, tp q ga tau gmana terkoneksi kedatabase phphmyadmin, trus kita dipandu menuju kehalaman form pendaftaran. BALAS kalau ada file sudara kirimkan di emailku:
laodebasra@yahoo.co.id

Untuk dpt terkoneksi ke database ada perbedaan antara localhost, hosting berbayar dan hosting gratisan, walaupun hanya pada nama dan portnya, mana yg sekarang sedang anda gunakan? Buat temen" yg lain yg mngkn tahu, silahkan corat coretnya di sini...!!!

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More