flas script


Rahasia Rangkaian Power Audio Lapangan

Sound System Lapangan Super Dasyat dengan horn rudal 3Brothers Study
Rangkaian power amplilfier Untuk Lapangan atau Rumahan dari dulu sampai sekarang tidak banyak mengalami perubahan. Tiap-tiap amplifier memiliki karakter suara yang bermacam-macam, sesuai kehendak si pembuatnya, namun pada dasarnya masih banyak mengalami kekurangan atau cacat audio terutama untuk kit driver yang ada di pasaran. Ada yang bilang rangkaian ini bagus, tapi pas dirakit dan dites ternyata hasilnya tidak seperti yang kita harapkan. Masalah yang ada biasanya treble kurang halus, suara kurang kenceng, suara pecah, dengung, dites ditengah lapangan suara bass hilang. Jadi anda tidak harus percaya omongan orang 100%. Kualitas amplifier built-up pasti berbeda jauh dengan amplifier rakitan, rangkaian boleh sama tapi kualitas akan bergantung pada siapa yang merakitnya.


Ingin tahu rahasianya? Berikut ini ada beberapa trik yang perlu dicoba.

MENGATASI DENGUNG:
Power amplifier blazer sering dipakai dilapangan. Rangkaian ini konon kata orang adalah rakitan bell. Tapi anda jangan langsung tertarik pada power ini, rangkaiannya agak rumit & susah dimengerti mencerminkan kecerdasan orang yang pertama kali mendisainnya. Menurut saya power yang bagus adalah power yang sederhana, murah, mudah dirakit dan rasional. Kita tidak perlu menggunakan komponen dengan harga mahal seperti kapasitor tantalum, power mosfet dan yang mahal lainnya. ini tidaklah menentukan sekali kualitas dari power amp yang kita rakit. Power besar kadang menimbulkan dengung, untuk mengatasinya yaitu dengan memisahkan antara ground sinyal (ground soket, ground casing) dan ground power.

CARA SETING TRIMPOT ARUS IDLE:
Putar trimpot arus (jika ada) sampai mengalirkan arus sebesar 50-100mA pada tiap transistor power, tujuannya untuk menghindarkan cacat treble pada posisi volume di atas jam 10. Resikonya heatsink jadi panassss! (ini tanda setingan klass A-AB)

SETTING TRIMPOT DC OFFSET:
Pada saat input tanpa sinyal, putar trimpot offset sehingga tegangan di speaker benar-benar terbaca 0 Volt. Jika anda tidak mau susah-susah, gunakan dan percayakan saja rangkaian dengan ic tipe HA17741 dari Hitachi atau merek IC yang berkualitas lainnya! Ini jantung rangkaian, 90-95% kualitas rangkaian ditentukan dari IC ini!!!

MENGATASI SUARA LOYO/KURANG KENCENG:
Gunakan rangkaian pre-amp untuk menaikkan sinyal minimal sebesar 2 kali. biasanya dan seharusnya rangkaian pre-amp ini menggunakan IC op-amp dengan supply minimal +12V -12V. Naikkan nada mid-nya! Kalalu anda tidak mau susah2 gunakan saja rangkaian tone control IC yang ada mid-nya! Rahasianya bukan di nada mid-nya saja tapi sinyal output dari IC op-amp biasanya besar.

TREBLE PECAH:
Treble yang berlebihan akan merusak power amp, tenaga bukannya keluar malah ngedrop. Mengatasinya, pasang kapasitor filter 1nF pada input power amp ke ground untuk menjamin sinyal tidak cacat. Gunakan selalu komponen aktif yang berkualitas seperti IC dan transistor, harga beda Rp500 juga akan beda hasilnya. Gunakan kabel yang besar dan sependek mungkin, terutama untuk kaki transistor power, dan sebaiknya transistor ini langsung disolder ke pcb.

KAPASITOR SUPPLY
Biasanya power untuk lapangan menggunakan supplay trafo 50V CT 50V, atau minimal 42V ct 42V. Semakin besar tegangan supply semakin besar watt yang tersalurkan walaupun di rangkaian cuma tertulis 300-400 Watt saja. Tentu saja ini menggunakan kapasitor elko dengan voltase 80-100V. Kapasitor 10.000uF/100V akan sama dengan 4X10.000uF/50V.
Usahakan untuk menggunakan elko yang kuat di temperature 105 ‘C. Kapasitor ini kuat di supply lebih dari voltase nominal yang tertulis di badannya, biasanya dilebihkan sebesar 25%. Sebagai contoh kapasitor 4700uF/50V 105’C akan sama dengan 4700uF/63V 85’C. Supaya elko ini tidak cepat meledak jika diberi tegangan penuh, usahakan temperaturnya sedingin mungkin.

BASS HILANG DI LAPANGAN:
Coba gunakan driver speaker yang mempunyai diameter spul besar dipasang dengan ukuran bok yang cocok. Biasanya disertakan contoh parameter dan referensi dimensi bok, tetapi referensi box yang diberikan tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan, tidak hanya pada ACR, Kicker Subwoofer pun begitu. Ukuran bok biasanya lebih besar dari bok2 -bok yang dijual di pasaran. kalau anda memaksa menggunakan bok yang dari pasaran ini, gunakan driver bertipe G12-80 (maaf tidak sebut merek takut promosi) speaker dengan nada bass untuk ukuran bok kecil. Dinding bok harus tebal, kuat dan jangan lupa diLEM!!! Bok yang dilem dengan yang tidak akan beda suaranya, terutama nada bass, buktikan!!!

SENSOR PANAS
Berupa transistor, transistor ini biasanya bertipe MJE340 atau bisa juga BD139 letaknya ada ditengah, diapit oleh sepasang transistor yang bermodel sama. Transistor ini harus dipasang pada main heatsink untuk mendeteksi panas yang dihasilkan oleh transistor power. Kerjanya untuk menurunkan arus bias pada saat heatsink panas. Terus kenapa heatsink dan transistor power harus diset diposisi panas? Ya tujuannya tidak lain untuk menghindarkan sinyal dari cacat (di kelas A atau AB), dengan konsekuensi panas. Kelas ini tidak perlu dan tidak akan terasa jika anda hanya menginginkan nada bass saja. Tujuan seting pada. kelas AB adalah suara tetap jernih walaupun volume diputar diposisi maksimal (di tengah lapangan). Rasanya tidak mungkin, tapi ini lebih mendekati.

HEATSINK YANG BERUKURAN BESAR
Bukan hanya kapasitor elektrolit yang lebih mudah meledak di temperatur tinggi, transistor power juga bisa break jauh di bawah tegangan break aslinya. Sebagai contoh transistor 2SC5200 mempunyai tegangan break sebesar 230Vdc, tetapi jika temperaturya tinggi maka nilai tegangan break-nya akan turun jauh di bawah nilai ini, akibatnya transistor cepat rusak. Penggunaan heatsink dan kipas pendingin sangat penting bukan hanya untuk menurunkan panas, lebih dari itu dapat menghindarkan transistor dari break/rusak dan output yang melemah. Semakin panas temperatur maka akan semakin kurang kemampuannya. Penggunaan pendingin ini diharapkan agar komponen tetap fresh, fit dan tahan lama.

PEMILIHAN KOMPONEN:

TRANSISTOR POWER
Banyak sekali tipe dan model transistor ini, sebagai contoh MJ15003-4 & MJ15024-5 dari Motorola, tapi sayang komponen ini sudah tidak diproduksi oleh Motorola lagi tetapi dari ON semiconductor. Hanya beda merek bisa mengurangi kualitas dan kepercayaan pelanggan. Transistor model jengkol biasanya lebih kuat di temperature tinggi, mungkin karena lebih kedap udara. Menurut beberapa teman, karakter dari transistor jengkol ini lebih kuat ke middle, terutama kalau sudah panas.

2SC5200 dari Toshiba, transistor ini dalamannya sama besar dengan Sanken 2SC2922, dan keduanya akan break jika temperaturnya terlalu panas. 2SC2922 Sanken mengeluarkan butiran-butiran timah jika dipanaskan, ini kelemahan. 2SC3281, transistor ini paling populer, paling linier di temperatur dingin-hangat dan sering dipakai pada professional amplifier, tetapi Toshiba tidak lagi memproduksinya, gantinya ya C5200. Jika transistor C3281 masih ada di pasaran, maka itu kemungkinan besar adalah palsu!!! Karakter Sanken 2SC2922 diakui paling empuk. Toshiba 2sC5200 low juga dan paling banyak disukai karena karakternya dianggap paling linier dan cocok dengan selera telinga audio diyer.

TRANSFORMATOR
Ada dua model transformator yang sering dipakai, yaitu model EI (kotak/konvensional) dan model Toroid (Cincin/donat). Ada yang bilang trafo model toroid lebih bagus karena memiliki kobocoran fluk yang lebih kecil, pada kenyataannya sama saja, atau mungkin radiasi toroid lebih besar. Rangkaian-rangkaian yang sensitive terhadap flux ini adalah rangkaian yang berpenguatan tinggi seperti pre-amp head dan pre-amp mic. Rangkaian ini biasanya dipasang horizontal/datar sejajar dengan susunan kawat email trafo konvensional sehingga rangkaian menerima dengung yang lebih besar. Berbeda dengan trafo model toroid yang kawat emailnya tersusun secara vertical sehingga kawat-kawat ini tegak lurus dengan kit-kit rangkaian.
Efeknya adalah fluk yang di terima kit pre-amp head lebih kecil. Untuk mengatasi agar fluk ini tidak masuk ke rangkaian adalah dengan men-shelding/ membentengi dengan plat berbahan aluminium padat kedap oksigen. Plat ini tentu saja dihubungkan ke ground melalui kabel. Untuk menyamai transmisi fluk secara vertical, trafo konvensional perlu di pasang miring (sisi samping dijadikan sisi bawah) sehingga susunan kawat trafo tegak berdiri, cara ini sering dipakai pada power2 built-up. Ini membuat kita harus memilih casing yang tinggi. Tegangan 50V CT 50V bisa didapatkan dengan menggabungkan 2 transformator 25VCT25V, CT tidak dipakai, kaki 25V dijadikan 50V sehingga kaki satunya menjadi CT, sehingga jumlah total adalah 100V atau 50VCT50V. Ini pantas dipakai untuk pwr amp berdaya di atas 400Watt.

RESISTOR 5W
Resistor pada pada kaki-kaki transistor power biasanya bernilai 0.5 ohm 5 Watt berbentuk kotak putih. Jika kita bongkar dalamannya maka terlihat ada kawat alumunium yang melingkar. Ini menyerupai induktor, reaktansi induktif pada induktor akan tinggi jika dialiri sinya berfrekuensi tinggi sehingga nada treble akan melemah dan cacat. Tetapi seringnya ini diharapkan untuk melemahkan cacatnya treble. Daya yang diperlukan untuk mengeluarkan nada tinggi (treble) tentu lebih besar, masalah ada di sini. Penggunaan R 0.5/5W pada power amplifier rumahan its ok-ok saja. Tetapi sering tidak disadari penyebab rusaknya speaker dan power amplifier adalah tingginya nada treble, sehingga yang timbul adalah panas dan rusak. Sebaiknya gunakan resistor 2 Watt biasa 0.47 – 1 ohm parallel 2 sehingga terhitung 4 Watt. Atau jika menggunakan Resitor 0.22 ohm 4 Watt tidak perlu diparalel karena tegangan jepit cukup setengahnya (satu R 0.5/5W diganti satu R 0.22/4W) its ok.

FUSE
Sifat rusaknya bahan semiconduktor/transistor power amplifier adalah short, jika menggunakan supply yang cukup tinggi maka rusaknya satu transistor ini akan mengajak pasangannya untuk rusak pula. Agar rusaknya transitor ini tidak berjamaah perlu adanya pemasangan sekering. 1.5A per power transistor dirasa cukup.


94 komentar:

info bagus sob Comen and followback Sob www.akhmadraauf.blogspot.com/?m=1

Makasih sob atas kunjungannya, ntar aku mluncur ke blog agan...!!!

Kalo buat lapangan spekernya d kasih trafo lagi ga yah?

Ksih masukan,box ga usah ksih travo,travo cmn da di power ampli.

Apakah maksudnya travo maching ya? Seperti yg biasa terpasang pada speaker TOA? Jika maksudnya adalah seperti itu, maka jawabannya adalah perlu. Tp ada 2 jenis trafo yg bisa di pasang utk speaker lapangan, yaitu trafo speaker linnier (penambah tenaga) & trafo utk crosover pasif.

Benar-benar info yang sangat berguna.
Ingin tahu lebih tentang sound system ?
belajar dan praktek sekaligus di Sound System School (www.soundsystemschool.com)

bos,kalao power safari yg pingin basnya kuat apanya yg perlu di ganti

Klo untuk PA Safari dlm membentuk karakter bassnya yg saya lakukan adalah dgn mengganti ke3 Elconya menjadi 470uf/100v, filter input P562, selain itu tr input juga cukup mempengaruhi frequensi audio... Tr A684 cukup jedug...
Minimalkan dc offset dan atur biasnya agar tr final bekerja stabil...

Artikel yang bagus dan bermanfaat, semoga ke depannya kita bisa menjalin kerjasama dengan TOA. terima kasih

Mumtazherbal @ Terimakasih gan atas kunjungan dan keinginannya, mudah"an bisa terlaksana, saya telah meninggalkan komen pd posting anda ttg Horn TOA...semoga dpt membantu...

gan cara bridge power blazer bagaimanakah...

just-ion @ Sebenarnya cara btl semua jenis power itu sama,ada 2 cara yaitu pakai r (mematikan 1input dr 2 imput PA) & pakai system pembalikan fase 180 derajat menggunakan IC atau transistor, yg mudah pake tr C945 saja dgn DC input 12vdc...

bisa dikirim rangkaiannya kesini kah...
santosotriyono@gmail.com

Sudah ada di blog ini tentang cara BTL PA yang aman nyaman & juos ganduoss gan, silahkan klik url di bawah ini, maaf jika salah, mohon koreksinya....
http://fungsi-media-internet.blogspot.com/2014/02/teory-btl-power-sound-system.html

terima kasih sudah berbagi artikel yang bermanfaat
kami sedang mencari artikel tentang TOA.

Khoirul @ Utk masalah TOA yg bgm, apakah tentang katakter audionya, desainnya, jauhnya atau kerasnya...

Info yang sangat bermanfaat. Saya pingin ngerti lebih jelas jika transistor final diparallel 4-13 pasang,harus diberi sekring 1.5A tiap pasangnya.Nah apakah yg dimaksud adalah R kotak putih atow R lainnya?sebab sy lihat di PA crest ca18,pd pcb parallel TR final terdapat R kotak putih,R gelang warna biru dan abu2.Yang mana ya?Terimakasih atas jawabannya

Opick @ Maksudnya yang di beri sekring 1.5A adalah kaki tr final selain basisnya pada transistor Finalnya gan, klo R putih itu merupakan tahanan output LoudSpeaker terhadap tr final, agar tr final tidak terlalu panas...

kang momod.... mo tanya nich... untuk PA 3 tingkat agar bassnya mantap... apanya yang di modif.... mohon pencerahannya...

kang momod... mohon pencerahannya untuk modif PA 3 tingkat agar bassnya mantap...

trim's

Makasi gan atas masukanya,, pengen nanya nich kalo kita pake driver 3tingkat untuk sound lapangan uda mumpuni belum gan??

Makasi b0s atas pencerahanya . . Mau nanya ni gan kalo driver 3tingkat sudah bagus di pake buat sound lapangan belum dan kekurangan dari driver trsebut diapanya?? Mohon pencerahanya . .makasi

boss,,mau tanya cara pasang audio yg benar gmana?
punya saya mixer ,EQ fix ,crossover,effect prosessor,PA ,

gan mau tanya cara pasang audio sound system yang bnr tu gmana ?
PA 3 (BASS,MIDLE,TRIBLE) ,MIXER GL2400,EQ FIX ,CROSSOVER 2X6 DPA260A,EFFECT PROSESOR, tolong di urutkan cara pasangnya,,,trima ksh

Fadha_lee & jimbuszt aja @ maaf muanya baru bisa balas, sebenarnya pa itu sudah mumpuni atau belum tergantung dari beberapa hal, yaitu catu daya yg pas utk kit drivernya, ini akan sgt mempengaruhi tegangan bias dr kit driver tsb, ke2 catu daya yg max utk tr finalnya di sertai nilai Ampere yg besar, ke3 jumlah tr final,per 2set tr final di dorong driver 1tingkat & ini akan menentukan watt & daya pa. PA yg saya buat trafo 30A, 56vac & utk kit drivernya 42vac, tr final sanken 20set per mono btl, dah cukup utk merobek daun speaker 18" 1200watt...

Ir sutono @ mixer + effect prosessor ,EQ fix ,crossover,PA,
crossover selalu paling belakang sebelum pa, kecuali ada tambahan asesoris lagi yaitu gain expandernya, maka akan sprt ini
mixer + effect prosessor ,EQ fix ,crossover,gain expander,PA

Sory mas bro.mau tanya kalau power blazer 1000'pake travo 10 amp 47v.kenapa bass nya keok

jeffri@ Yang membuat bas keok byk sekali penyebabnya, salah satunya tegangan dan ampere, sekalipun ampere trafo besar tp tegangan dan ampere sumber arusnya kecil, maka bas akan keok, penyebab lainnya adalah tdk sesuainya watt pa dgn speaker, jika speakernya 1000watt, maka pa-nya min 1500watt pada catudaya normal...

maaf gan mau tanya power lapangan yang agan buat harganya berapa ya.....

PA yg saya buat ini hanya untuk dipakai sendiri gan, karna jika dibandingkan dgn PA BuildUp harganya bisa seimbang, sekitar 6jt-7jt utk PA Mid&Low, 12jt utk PA Subwoofernya.
Kelebihannya hanya kepuasan & mudah perbaikannya...
kira2 begitu gan...

Kalau begini artikel para master PA, sy yakin akan bermunculan tukang2 PA yg handal. Semoga ilmu yg agan uplod di sini menuai amal jariah.

mantaf nich , kalo bisa dan punya luang waktu buatkan PA seperti yg anda buat ...ku berharaf seperti demikian dan kebetulan kebutuhanya seperti itu juga ...salam 3 Brother dari jauh

Bozzzz..... kalau 2n 5401 biar baguzz d ganti dengan apa

Arya Ae @ Tergantung fungsinya untuk apa dulu,untuk input PA atau untuk penguat driver akhir PA ???

Gan mau tanya ??? Maklum bnar2 masih sngat awam
sy punya speaker 18 inch 2 bji, daya max 1300 watt
Trus agar bassnya sangat kuat saya hrs mnggunakan rancangan power yg bagaimana
( travo,sanken elko, power, tune control, dll ) skalian merk ukuran n spesifikasinya ????....

mohon infonya ...
Trim's

Gan mau tanya ??? Maklum msh sangat awam.

sy punya speaker 18 inch dg daya max 1300 watt (2 biji)

Trus agar subbassnya keluar dg sangat kuat ! Sy hrs merakit amplifier yg bagaimana (travo,power,elco,transistor,tun control, dll) skalian bserta daya nya
mohon pencerahanya .... .... ... ...

ghijibo @ Gunakan aja driver Apex H900, Tr 2SC5200 + istrinya 10 set / Sanken 10 set, trafo 30A 60V CT 60V , Tone control pake aja yg ada super bassnya dengan IC LM324 / sejenisnya... Jika tenaga PA tersebut di rasa masih kurang, buat 1 lagi agar menjadi stereo lalu di BTL.... klo ini yg anda lakukan mungkin speaker anda yg bakal hancur.......

Spiker P audio basse lumayan mbten juragan?

Spiker P audio 18" vs Ac 18" mantep sing pundi juragan?

Gan caranya modif power safAri bagaimana gan.....?

Muhammad Kharis Mahmud @ Semua speaker itu bagus, tinggal lihat spec-nya aja, jangan speaker vocal utk bas dan spk bas utk vocal, namun perlu di ingat bahwa penentu sumber bunyi spk ada pada kwalitas magnet, spul driver dan kwalitas daunnya...

bunga islam @ Semua PA itu akan stabil kerjanya jika bias - dan + imbang, jika sdh imbang maka tinggal watt yg di pertanyakan, mau buat PA berapa watt, maka sumber arus & Ampere juga sgt menentukan, jumlah transistor dan kabel2 yg di gunakan juga harus sesuai dgn ampere yg di gunakan...

Saya mau buka usaha persewaan keyboard tunggal. Kira2 sound system yg bagaimana yg cocok? Kira2 berapa jika merakit sendiri? Terimakasih

Mau nanya bos..
Bagaimana cara modif power 400 w safari , komponen mana saja yang diganti pada kit yang asli dari toko ?

zacky ibrahim @ Untuk urusan biaya biasanya tergantung watt yg di butuhkan, terutama mengenai kegunaannya, mau di pake untuk di dalam ruangan atau di luar ruangan....

Roy Da Costa @ Up...

Bos. Gimana caranya klu 25v st 25v menjadi 50v st 50v.

gan perbedaa transistor 31/32 dengan 41/42

yan lia @ Perbedaannya di kemampuan tegangannya dan frekuensi kerjanya, utk lebih jelasanya silahkan lihat datasheetnya untuk Tr tersebut gan... !!!

Mau nanya ni bos...
Lau power 400watt mono pakai trafo 10 A.
Sanggup gak buat lespeaker 15inch merk BS 1548..
Mhn penerangan..

Bos gmna lau power 400 mono,bsa gak lau pkek speaker 15 inch merk BS1548.
Ap untuk bass nya bsa nendang gak..
Mohon penarangannya..

Munak Jinggo@ Berapa watt dulu spknya gan ?

Nimbrung gan siapa yg punya apecH900 tana tr final, plys harganya brapa kanari ya(mulyonojambrong@gmail.com) saya di bogor posisi

salam kenal semuanya o ya aku mau tanya bos tarfo tepe c-18 50 A cina 5 pase cara pasangya gemanah ??????

maaf gan mau tanya, klo sound bassnya gk bisa jauh dan ngga nendang di jantung itu apanya...?

Mulyono @ Tdk tau gan...
Paidi @ ada xampel gambarnya...???
Noki @ Banyak penyebabnya gan, kwalitas spk- jenis box spk- PA- pengaturan frekuensi audio pd Crossovernya dan pemasangan fase spk jgn sampai terbalik....

Mau nanya gan,,, saya pke PA rakitan travo BELL
30A kit Blazzer 1000w x2 utk Low, spk ACR FABULOUS 18" 4x1000x 4 box
15A kit Blazzer 1000w x2 utk Mid, spk ACR Special 15" 2x 350w x 2 box
10A kit Blazzer 800w x2 utk High, spk ACR 12" 8x 500w x 4 box
Mixer JK acustic
EQ Adbx231
crossover dbx 234XL

Apa ini sudah lengkap atau masih ada yang kurañg? Trims.

Bos driver raksasa supaya bas bsa nendang perlu d kash ap bos

Alex Jp@ itu dah sip , tp msh kurang 1 yaitu Sub Woofer dan coba gunakan Crossofer Digital Management utk hasil audio yg lebih sempurna...
Zulianto Anto@ Up....

klo kit power btl itu gmn ya.bagus gk untuk lap?

Màaf gan pemula dan awan lagi .gan kalo speaker12 inci wisdom w300 17b low x2 dan wisdom 10 inchi x2 midle dan soundqueen m10 x2 semua watt nya maximal 300 waat .pertanyaan saya untuk menggunakan power amplifier rakitan alias PA jowo travo yg cocok dan kit pcbnya juga elcho menggunakan apa gan mohon perinciannya maslah travo.elco.kit pcb nya terimah kasih mohon pencerahannya gan.thanks

herie@ di coba aja gan...

Unknown@ Trafo 10A 45v, elco 1o0.000uf/80v 6buah, pcb gunakan aja driver Apex H900 karena kit driver ini sekarang dah banyak di toko"...
Itu dah mumpuni untuk speaker 300watt...

Bos mau nanya nih bos harga speker 21 inhci brpa ya bos

As. salam kenal, boss sy msh bljr mau tanxa drever power yg cocok untk lapangan dn bs mnerima suply 70v yg bgus merek ap bos? Mhon saran, trms

herie rastafara @ Sudah ada di link yg berbeda, search aja di ruang search engine di sini dengan kata kunci BTL gan....

aly yasin @ Apex H900 ...

Gan mwu nanya,, untuk trafo 10 A 45ct45 lebihh maximal driver yang mana,,,,??? Driver apexx atau 3 tgkt 1000 watt

Gan mwu nanya,,, driver 1000watt 3 tngkat dengan apex 1000waatuntk voltase 45ct45 10A lebih maximal yang mna,,,,??? Mhon pencerahan nya mklum gann mshh pmulaa,, modal gk punya jdi mwu bkin power kcil2lan....hehe

bos; mixer lokal yg bagus buatan daerah mana ya? Bandung atau jowo?@ buat orgen

bos; mixer lokal yg bagus buatan daerah mana ya? Bandung atau jowo?@ buat orgen

Kalau ramayana kok sangat mantab dan jernih itu gimana rahasianya

Fathanuddin sahal@ itu karena antara tegangan, PA yg stabil DC Offsetnya, speaker yg sesuai karakternya dan tentu saja operatornya yang tahu mengenai kinerja frekuensi audio sesuai dengan karakter musik yg sedang di mainkannya, kira2 seperti itu gan, maaf gan jika salah mohon di luruskan...

ADY SYUFRIADI @ Tidak tahu gan jika yang rakitan...

Den boleh tahu alamat yang bisa dikunjungi selain blog atau FB, tolong dong
!

Sangat bermanfaat gan, thanks.

Search di gmaps dgn kata kunci vinet prafi, mudah"an ketemu gan....

Alhamdulillah Den dah nemu alamat yg dimaksud semoga bisa komuikasi dengan cepat dan lancar trim

Lam kenal gan mau nanya sy coba mrakit power ampli untuk lapangan dngan kit power dtk btl 3 tingkat pkai tr finanl sanken 5 dy 16 set trafo 20 amper belt 45 ct elco 80 volt 47000uf 4 buah ditest pkai speker acr pro 1238 paralel 4 buah katika voume dinaikan bass kurang nendang masalahnya dimna gan??? Maklum baru awal merakit mhon penjelasanya,,trims....

Samsul Aja @ speker sangat di pengaruhi oleh box spekernya, beda speker beda pula ukuran boxnya, sedangkan power btl sangat di pengaruhi oleh system btlnya, apakah btlnya sudah benar" membalikan fase ke 180• apa blm (utk cara sederhana btl PA sudah ada di blog ini), dan yg terakhir... Sudah sesuaikah pengaturan di crosofer aktif untuk frekuensi audio input PA-nya yg dibutuhkan oleh speker tersebut, jika blm pas, maka audio yg kluar dr speker akan hambur / pecah...

Permisi gan..power saya,
-travo toroid 20A 70vCt
-8x elko 10000uf/80v rubycon
-10set tr final/chanel
-inbalance (inverting)
-output 2x 600watt RMS @4ohm loudspeaker.
Saya pakai speaker 18"x2, 12"x2, 10"x2, driver tweeter x2 semua @8ohm
-pertanyaan saya: gmn caranya merangkai speaker menjadi 4ohm, karena mau main di 4ohm ? Mohon bantuanya terimakasih.

Permisi gan..power saya,
-travo toroid 20A 70vCt
-8x elko 10000uf/80v rubycon
-10set tr final/chanel
-inbalance (inverting)
-output 2x 600watt RMS @4ohm loudspeaker.
Saya pakai speaker 18"x2, 12"x2, 10"x2, driver tweeter x2 semua @8ohm
-pertanyaan saya: gmn caranya merangkai speaker menjadi 4ohm, karena mau main di 4ohm ? Mohon bantuanya terimakasih.

Unknow @ Jika nilai 1speaker 8ohm, maka jika di sambung secara paralel akan menjadi 4ohm. Cara sambung paralel adalah jack + ketemu dgn jack + & jack - ketemu dgn jack -, maka akan menjadi 4ohm , sedangkan sambungan secara seri adalah jack + speaker yg 1 ketemu dgn jack - speaker yg lainnya, sedangkan jack yg free di hubungkan ke PA, jika PA anda cuma 1buah dgn jumlah loudspeaker di atas, maka menurut saya pribadi cara sambungnya sbb, 2X18" di pararel lalu di sambungkan ke PA (R) dan yg 12" di pararel juga lalu di sambungkan ke PA (L), tp digabungkan dgn 10", yg mana speaker 10"-nya di sambungkan secara seri, untuk tweeternya hrs pake xover pasif dan gabungkan dgn speaker 12", kira" begitu gan, maaf jika salah, mungkin ada yg mau nambahin, silahkan komentar...

Kalo speker yg bagus ukuran 27" apa boss?
Acr pa cannon?

Mas mau buat power streo buat sub 18" dan masing2 sayap untuk 4biji sepeker 1000 watt..
Komponen pke apa saja tolong pencerahan...
Tolong sms saya 087700401128

Gan mau tny power yg di BTL itu bisa buat angkat 8 speakr yg diseri paralel jd 4ohm g gan? atau power yg di BTL cm bs buat 1buah spkrny sj gan? Maklum gan blm prnh pk power yg di BTL

Coba nimbrung sy punya power rakitan. Morales pake trapo 20A tr mjl. 4 pasang saja teg 47ct47.cocoknya untuk sepiker brp yaj .

Bos kalo mengatasi power yang mlempen suara menjadi mengecil bagai manaya

bos biasanya yang cocok buat haigh driver apa yang halus dan gak pecah mohon pencerahanya

gan mo tanya,,power amlpi sy setiap di on sekring nya putus mulu kenapa ya,sebelum nya power nya ad yg jebol sebelah pas di paksa,terus sekring nya putus terus mohon penxerahan nya

masbro mawu tanya klo power untuk luar ruangan yang bagus, mono apa setereo?

Acong @ PA utk luar ruangan baik mono, stereo ataupun yg 4 ch itu sama saja, yg penting adalah besarnya watt yg kluar tiap" mononya...

assalamualaikum mas ...
saya punya power 20 ampere 85v 100000uf ... speaker 18 inc maksimal 1000 watt .. yang menjadi pertanyaan saya .. dengan rangkaian diatas kira2 saya pakai berapa buah speaker.

Akip Kaimudin @ per mononya 2 speaker gan...

mas saya pnya power 300 sanken . kalau di gabung dgn 4 tr sanken kira2 jdi brapa watt ya

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More