Kata Mutiara

Kesungguhan Adalah Kunci Keberhasilan

Bagaimana Membuat Postingan yang Disukai Pembaca dan Dicintai Google

Dalam posting kali ini saya akan coba bagikan tentang postingan yang di sukai para pembaca dan di cintai oleh google. 
Di bawah ini adalah 2 tips praktisnya yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.

1. Menulislah untuk pembaca

Dalam menulis sertakan kata kuncinya,biasanya hal ini yang terjadi untuk mengejar SEO Mengapa ada pembombardiran kata kunci di paragraf pertama? Ini karena adanya saran yang menyebutkan bahwa penyisipan kata kunci di 100 kata pertama akan berpengaruh baik terhadap posisi postingan di mesin pencari.
Saran ini ada benarnya. Sejumlah postingan yang saya buat dengan mengikuti saran ini berhasil menempati 10 besar di Google untuk kata kunci yang dibidik. Hal yang sama mungkin juga pernah Anda alami.
Namun, kelemahan postingan ini adalah mengabaikan kenyamanan pembaca.Selain itu, pembaca yang memahami SEO akan sangat mudah mengidentifikasi adanya pengulangan kata kunci sehingga besar kemungkinan ia tidak menyukai postingan seperti itu.
Menurut saya, solusi tepat untuk mengatasi masalah ini adalah:
  • Menulislah untuk pembaca (writing for people first). Menulislah secara natural dan memberikan manfaat bagi pembaca tanpa harus membombardir kata kunci. Hal ini selaras dengan pernyataan Google berikut:
Our general advice is: Always focus on the users and not on search engines when developing your optimization strategy. Ask yourself what creates value for your users. Investing in the quality of your content and thereby earning natural backlinks benefits both the users and drives more qualified traffic to your site. Keep in mind that nowadays search engines reward sweat-of-the-brow work on content that bait natural links given by choice.
  • Buat postingan yang terstruktur baik sehingga pembaca nyaman. Bagi Anda yang ingin tahu tipsnya, silahkan simak 11 Tips Agar Postingan Mudah Dibaca pada menu di bawah postingan ini.

2. Gunakan Plugin All in One SEO Pack

Setelah menulis postingan yang tujuan pertamanya untuk pembaca, saatnya “mempercantik postingan tersebut agar dicintai Google. Bagi Anda yang menggunakan wordpress.org, Anda bisa menggunakan plugin All in One SEO Pack.
Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa menambahkan deskripsi sebanyak 160 karakter, kata kunci, dan judul yang mengandung kata kunci. Asyiknya, walaupun diulang-ulang, kata kunci ini tidak akan muncul di postingan (tidak mengganggu pembaca) dan tentunya dibaca Google. Nah sekarang apa yang sudah anda lakukan sejauh ini,silahkan sharing di kolom komentar di bawah!

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Data Browser Anda

IP


17 Postingan yang perlu Anda Ketahui


Tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia. Terkait hari kemerdekaan bangsa kita tercinta ini, saya menginformasikan 17 jenis postingan blog. Kenapa hanya 17 jenis postingan?
Tujuannya supaya mudah diingat oleh Anda. Sebagai contoh, bila tahun depan Anda merayakan kemerdekaan, mudah-mudahan saja Anda teringat tulisan saya ini.
Selain hasil pengamatan saya dari beberapa blog dalam dan luar negeri, sebagian besar dari ke-17 jenis postingan tersebut sudah saya praktekan di dua blog yang saya miliki saat ini.
1. Tutorial (How to)
Postingan jenis ini memaparkan bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu. Akan lebih baik jika tutorial ini merupakan hasil pengalaman Anda , sehingga tulisan Anda unik.
2. Pencapaian Pribadi
Jenis postingan ini menceritakan kesuksesan Anda dan bagaimana cara Anda mencapainya. Mungkin Anda ragu untuk menuliskan jenis postingan ini karena khawatir dianggap narsis (melebih-lebihkan diri sendiri).
Hemat saya, stop berasumsi seperti ini. Tuliskan sekecil apapun pencapaian Anda itu dan bagaimana cara Anda mencapainya. Sepanjang gaya penulisannya sopan, saya yakin orang lain akan suka membacanya.
Misalnya saja, Blog Anda memperoleh nilai Alexa 100 ribu dalam waktu dua bulan.
Anda bisa menulis judulnya seperti ini: Bagaimana Cara Saya Mencapai Nilai Alexa 100 Ribu Dalam Dua Bulan. Atau, bisa juga seperti ini: 5 Cara Jitu yang Saya Gunakan untuk Mencapai Nilai Alexa 100 ribu dalam dua bulan.
3. Review (Ulasan)
Jenis postingan ini mengulas seluruh aspek suatu produk atau layanan dan terbagi menjadi dua macam yaitu review dibayar dan review pribadi. Di luar review berbayar, review pribadi merupakan hal yag relatif mudah dilakukan.
Anda bisa mereview blog teman Anda (baik positif atau negatif), review lagu-lagu dari band favorit Anda, review film terbaru, dan sebagainya. Jika Anda belum familiar dalam melakukan review pribadi saya menyarankan Anda untuk berkunjung ke blognya Iskandaria.
Di blog milik pemuda lajang berusia 27 tahun ini Anda bisa menemukan beberapa review berkualitas. Satu di antara review terbarunya adalah Review Film Transformer-2 {http://kafe28.blogspot.com/2009/07/transformer-2-animasi-luar-biasa-cerita.html}

4. Postingan Daftar
Postingan jenis ini mendaftar (menyenaraikan) beberapa hal penting dari suatu topik. Jenis postingan ini merupakan salah satu jenis postingan yang banyak dibuat oleh para blogger.
Bagi Anda yang telah beberapa kali berkunjung ke sini, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis postingan ini karena saya sudah banyak membuatnya.
5. Wawancara
Postingan jenis ini menampilkan hasil wawancara dengan orang-orang terkenal atau bisa juga para sahabat. Selain untuk mempererat persahabatan dan networking, wawancara juga untuk memperoleh opini seseorang yang dipandang mumpuni di bidangnya.
6. Profil
Jenis postingan ini menampilkan lebih detail mengenai latar belakang, pendidikan, kesuksesan, atau aktivitas seseorang yang terkenal. Misalnya, saat dulu merebak kasus cinta segitiga, banyak blog yang menampilkan profil Rani Juliani.
7. Postingan Link
Ini berupa postingan yang membahas singkat atau menampilkan semua poin-poin penting (tanpa pembahasan) suatu topik yang diambil dari tulisan blog lain. Misalnya, Blog A menulis 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS.
Karena Anda menganggap tulisan ini penting, Anda bisa membuat postingan link dengan judul yang berbeda, antara lain:
  • Sudahkah Anda tahu 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS?
  • Anda Ingin Meningkatkan Pelanggan RSS? Inilah 10 Cara Jitunya
  • Dan lain-lain.
Dalam postingan yang dibuat, Anda harus menampilkan secara singkat 10 poin tersebut, me-link ke sumber postingan, dan menghimbau pembaca untuk mengunjungi sumber postingan tersebut untuk mengetahui penjelasan lebih dalamnya.
8. Postingan Problem
Jika Anda memiliki problem dengan suatu produk atau layanan, Anda bisa dengan mudah membuat postingan jenis ini. Akan lebih baik jika postingan ini disertai solusinya sehingga pembaca tidak mengalami hal jelek yang dialami Anda dengan produk atau layanan itu.
9. Opini
Postingan ini bisa berupa kesetujuan atau ketidaksetujuan (kritik) Anda terhadap suatu topik. Yang perlu diperhatikan, Anda harus siap mental dengan komentar negatif terhadap opini Anda tersebut. Tidak semua orang sependapat dengan Anda.
10. Inspirasi
Jenis ini berisi kisah-kisah inspirasi dan motivasi, baik dari pengalaman Anda maupun dari diri orang lain.
11. Prediksi
Jenis postingan ini memprediksi apa saja yang akan terjadi di waktu mendatang. Anda bisa secara bebas memprediksinya.

12. Perbandingan
Postingan ini membandingkan kelebihan dan kekurangan dari dua produk atau layanan sejenis. Kunci utama dari jenis postingan ini adalah Anda harus mengenal betul produk-produk tersebut. Misalnya, Produk A vs Produk B.
13. Hipotesis
Jenis postingan ini umumnya menyenangkan dan bisa dibilang datang dari ide gila. Selain itu, pembaca juga bebas berkomentar. Umumnya jenis postingan ini diawali dengan kata “Bagaimana Jika...,apa yang akan terjadi... dll.

14. Projek
Postingan jenis ini menceritakan projek-projek apa yang sedang Anda lakukan. Misalnya, Anda memiliki projek membuat antivirus baru. Anda bisa membuat postingan yang menceritakan projek tersebut dari latar belakang sampai kondisi terakhir saat Anda menulis postingan tersebut.
15. Informasi dan Definisi
Informasi bisa berupa berita terkini atau berita unik dari seluruh penjuru negeri. Sementara itu, definisi adalah penjelasan secara gamblang sebuah topik. Wikipedia adalah situs yang populer dengan jenis postingan definisi.
16. Poling atau Diskusi
Jenis postingan ini meminta pendapat pembaca Anda mengenai topik-topik di luar blog Anda maupun blog Anda sendiri.
17. Kumpulan Postingan (Roundups posts)
Sesuai namanya, jenis postingan adalah kumpulan beberapa postingan terbaik Anda selama kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, Anda bisa membuatnya secara bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, atau satu tahunan.
Lalu bagaimana dengan pendapat anda,silahkan sharing di kolom komentar di bawah.

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Data Browser Anda

IP


11 Tips Agar Postingan Anda Mudah Dibaca Pengunjung


Postingan (tulisan) merupakan salah satu faktor penting kesuksesan suatu blog. Postingan yang mudah dibaca akan membantu pengunjung memahami apa isi tulisan. Sebagus apa pun tulisan Anda, bila tidak dibuat dalam struktur yang baik, tentunya akan susah dibaca pengunjung.
Bagaimana membuat struktur postingan mudah dibaca pengunjung? Berikut adalah 11 tipsnya yang merupakan pengalaman pribadi saya.

1. Buat Ringkasan Postingan. Apakah postingan tersebut dari pengalaman pribadi Anda, hasil penelusuran online Anda, terjemahan dari postingan berbahasa Inggris, dan sebagainya. Dengan mengungkapkannya, pengunjung blog Anda akan merasa respek terhadap Anda.
2. Buat Paragraf yang Pendek. Umumnya terdiri dari 3-5 kalimat. Jika paragraf Anda panjang-panjang, pengunjung akan cepat bosan dan lelah.
3. Buat sub-judul postingan (jika diperlukan). Biasanya ini berupa poin-poin penting yang hendak Anda uraikan. Bila Anda menggunakan wordpress, sub judul baik digunakan dengan menggunakan format Heading 3.
4. Gunkan nomor atau bullet point. Ini cocok jika Anda menguraikan contoh yang tidak lebih dari 5 buah. Lihat contoh penggunaan bullet point di bawah ini:
  • Cara membuat Avatar di wordpress
  • Cara menginstal plugin di wordpress
  • Teknik meningkatkan alexa blog
5. Buat tabel. Ini cocok untuk mengemas daftar yang lebih dari 5 buah.
6. Sisipkan gambar yang cocok atau menarik. Hindari penggunaan gambar yang berlebihan (biasanya tidak lebih dari 3 buah). Ini bisa berupa foto hasil jepretan Anda, gambar dari internet, kartun, atau animasi.
7. Gunakan tata bahasa yang populer. Hindari menggunakan kata yang tidak dimengerti oleh orang umum, misalnya bahasa daerah, bahasa gaul, dan bahasa asing selain Bahasa Inggris.
8. Upayakan postingan tidak terlalu panjang. Biasanya ini tidak lebih dari 1000 kata. Bila Anda menggunakan WordPress, Anda bisa mengeceknya di wourd count (di bawah bodi postingan).
9. Tebalkan, miringkan, atau beri warna yang sesuai untuk beberapa kata yang Anda anggap penting. Ini akan memudahkan pembaca mengidentifikasi kata-kata tersebut.
10. Buat link ke tulisan terkait. Tulisan terkait ini bisa ke tulisan yang Anda miliki atau tulisan orang lain. Ini akan membantu pembaca untuk mengetahui lebih jauh topik yang sedang Anda ulas.
11. Baca kembali postingan Anda sebelum dipublikasikan (publish). Ini untuk mengidentifikasi kesalahan pengetikan atau alur penulisan yang tidak nyambung antar paragraf. Saya merkomendasikan Anda untuk membaca tulisan tersebut 2 atau tiga kali.

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Data Browser Anda

IP


9 Target Pertama yang Disarankan Darren Rowse untuk Para Pemula

Semua manusia punya target. Blogger juga manusia, makanya saya percaya semua blogger punya target, baik target bisnis maupun nonbisnis (sekadar hobi). Target ini bisa ditetapkan berdasarkan pengalaman sendiri, inspirasi dari kesuksesan blogger lain, atau saran dari blogger top.
Salah seorang blogger top yang memberikan saran itu adalah Darren Rowse. Dalam postingannya pada 17 Juli 2009 lalu, blogger asal Australia yang pelanggan RSS-nya mencapai 110 ribu ini menyarankan 9 target pertama untuk para blogger pemula. Apa saja target-target yang disarankan Darren Rowse tersebut?
Sembilan target itu adalah sebagai berikut. Bila Anda punya waktu, Anda bisa juga mengecek sumber aslinya di 9 First Step Goals for New Bloggers
  1. Publikasikan 10 postingan
  2. Dapatkan komentar pertama dari seseorang yang belum Anda kenal
  3. Dapatkan link pertama dari blogger lain
  4. Dapatkan 20 pembaca setiap harinya
  5. Peroleh 20 pelanggan RSS
  6. Blog Anda terindeks di Google
  7. Dapatkan $1 per minggu (bagi blogger pemula yang make money blogging)
  8. Menjadi blogger tamu (guest blogger) di blog milik orang lain
  9. Memiliki seseorang (bukan Anda atau keluarga Anda) yang men-tweet blog Anda.
Dareen Rowse juga menambahkan bahwa target lain bisa berupa men-setting blog Anda. Ini bisa berupa memilih theme atau template yang cocok, memasang statistik blog, dan lain-lain. Catatan lain dari dia adalah kesembilan target ini harus ditingkatkan bila sudah tercapai.
Saya terkejut ketika membaca postingan tersebut.
Darren Rowse tentunya tidak sembarangan meyarankan 9 target pertama tersebut. Semua blogger yang make money blogging paham betul kredibilitas Darren Rowse. Tak heran pelanggannya mencapai 110 ribu.
Pertanyaannya, sudah sesuaikah target pertama kita dengan target-target yang disarankan Darren Rowse.?
Mohon sharing pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah karena bermanfaat bagi saya atau juga sahabat yang lain.

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Data Browser Anda

IP


7 Kebiasaan Blogger Sukses

Menjadi blogger sukses merupakan dambaan kita sebagai blogger pemula. Tak heran kita sering melakukan tips-tips ngeblog dari para blogger sukses dalam atau luar negeri. Selain tips-tips tersebut, menurut saya, kita juga bisa belajar dari kebiasaan mereka.
Apa saja kebiasaan-kebiasaan para blogger tersebut dalam mencapai kesuksesannya? Sebelum mengetahui kebiasaan tersebut, ada baiknya kita diskusikan dulu kriteria (ukuran) blogger sukses. Dengan mengetahuinya, setidaknya kita akan ada di jalur yang benar dalam mewujudkan dambaan sebagi pengeblog sukses.

Kriteria Blogger Sukses

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga karangan W.J.S Poerwadarminta), sukses berarti berhasil. Berdasarkan arti tersebut, menurut saya, blogger sukses adalah blogger yang berhasil dalam membuat postingan yang berguna, meningkatkan trafik (pengunjung), melakukan preselling (pra penjualan), dan memonetisasi blognya. Keempat faktor ini umumnya dinilai dari page rank Google, ranking alexa, jumlah pembaca (pelanggan), ranking technorati, dan jumlah penghasilan per bulannya.

Kebiasaan Blogger Sukses

Menurut John Chow dalam ebooknya Make Money Online With John Chow dot Com, setidaknya ada 7 kebiasaan yang dilakukan para blogger sukses, yaitu:
1. Mereka mempublikasikan postingan secara konsisten
Pengertian konsisten di sini artinya memposting satu tulisan per hari, 3 tulisan per minggu, 1 tulisan per minggu, atau lebih dari satu postingan per harinya.
2. Mereka menyukai topik ngeblognya
Misalnya pengeblog yang memilih topik mobil, ia menyukai hal-hal yang terkait mobil karena hobinya, bidang yang dipelajari, atau keahliannya.
3. Mereka berinteraksi dengan pembacanya
Bentuk interaksi ini antara lain menjawab komentar, menerima kritikan, membalas email pembaca, dan mengunjungi blog pengunjungnya.
4. Mereka tidak pelit memberikan link
Artinya mereka bertukaran link dengan peblog lain yang setopik atau memberikan track back pada tulisan blogger lain yang mereka pandang berguna. Kedua hal ini dilakukan tanpa memandang page rank. John Chow sendiri mengaku melink-kan blognya yang berpage rank 6 kepada ribuan blog berpage rank 0.
5. Mereka tahu cara mencitrakan diri
Citra diri artinya konsisten terhadap apa yang di jalaninya, dan jujur.
6. Mereka menulis dengan baik
Artinya mereka menulis sesuai tata bahasa, gaya bahasa mudah dimengerti, alur penulisan tiap kalimat dan paragraf jelas, dan tidak salah ketik.
7. Mereka membaca blog lain yang diminatinya
Blog lain ini bisa berupa blog terkenal ataupun blog yang belum terkenal. Indikasi membaca ini dilakukan dengan mengunjungi langsung atau menjadi pelanggan RSS feed blog tersebut. Tujuan membaca tersebut salah satunya sebagai upaya pembelajaran yang terus menerus.
Itulah 7 kebiasaan pengeblog sukses yang layak kita tiru. Saya sendiri meniru kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk mencapai sasaran pertama blog ini yaitu membuat postingan yang berguna. Bagaimana dengan Anda?

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Data Browser Anda

IP


5 Hal Pokok yang Perlu Anda Lakukan Ketika Blog Anda Masih Baru

Saya teringat ketika memulai ngeblog di Blogspot pada oktober tahun lalu. Pengunjung 10 orang per hari merupakan kondisi yang tidak mengenakkan sekaligus menjadi tantangan saya waktu itu. Jika Anda berada dalam kondisi seperti itu, saya merekomendasikan Anda untuk melakukan 5 hal pokok berikut. Kelima hal ini berdasarkan pengalaman saya.

1. Tulis postingan yang bermanfaat bagi pengunjung. Definisi bermanfaat ini bisa beragam, bergantung pada topik blog Anda. Sebagai contoh, bila Blog Anda bertopik humor, buatlah postingan yang membuat pengunjung blog Anda tertawa.

2. Buat brand blog Anda. Brand (merk) blog adalah sebuah pesan yang tidak terkatakan. Blog yang memiliki brand bagus akan dengan mudah diingat pembacanya. Misalnya, Saling Berbagi Itu Indah. Orang akan ingat bahwa blog ini adalah blog yang membahas tips-tips untuk saling berbagi lewat blog. Jadi, buatlah brand blog Anda yang unik dan mudah diingat oleh pembaca.

3. Memiliki networking dengan blogger lain. Ketika Anda mulai ngeblog, mungkin Anda tidak banyak mengenal blogger lain. Mulailah berkenalan dengan mereka, misalnya memberikan komentar di blog orang lain, tukaran link, dan sebagainya.

4. Buat postingan tamu untuk blog orang lain. Ini adalah cara yang sangat manjur untuk memperkenalkan blog Anda kepada blogger lain dan menggaet pengunjung baru. Jika blog Anda pengunjungnya 10-20 per hari, mulailah membuat postingan tamu untuk blog setopik yang pengunjungnya 100-200 pengunjung per hari.

5. Bereksperimen dan Evaluasi Hasilnya. Cobalah teknik menulis yang berbeda, menulis jenis postingan berbeda , tiru gaya menulis blogger lain, mencoba SEO, menggaet pengunjung dari situs bookmarking sosial (Lintas Berita, Infogue, Digg, dan lain-lain), berpromosi di situs jejaring sosial (Facebook). Jangan lupa evaluasi hasilnya, sehingga Anda tahu mana yang terbaik bagi blog Anda.

Tentang SEO :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !
    Data Browser Anda
    IP


    5 Cara Mudah Membuat Paragraf Pembuka yang Menarik Perhatian Pembaca

    Apa bagian terpenting kedua dari postingan Anda setelah judul? Sesuai urutannya, tak pelak lagi adalah paragraf pembuka. Begitu pentingnya paragraf pembuka (sekitar 50 kata) membuat ahli copywriter Eugene Schwart sering menghabiskan waktu sampai seminggu untuk membuatnya. Mengapa paragraf pembuka penting?
    Bayangkan betapa kecewanya Anda kalau artikel pilar Anda tidak dibaca seluruhnya oleh pengunjung hanya karena paragraf pembuka yang tidak menarik perhatian. Namun, jika paragraf pembuka Anda menarik, ini seperti pintu yang terbuka lebar sehingga pembaca dengan senang hati memasuki “rumah” (kesuluruhan postingan) Anda.
    Berikut cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat paragraf pembuka yang menarik perhatian pembaca :

    1. Ajukan Pertanyaan
    Membuka postingan Anda dengan pertanyaan adalah sebuah sarana Anda untuk bercakap-cakap dengan pembaca. Dengan bercakap-cakap ini berarti terjadi komunikasi dua arah yaitu antara Anda dengan pembaca.
    2. Sajikan anekdot atau kutipan
    Anekdot adalah cerita lucu yang membuat pembaca tertawa, dan memancing mereka untuk segera tahu apa poin utama tulisan Anda. Sementara itu, kutipan dari seorang pakar atau orang terkenal merupakan sebuah bukti (umpan) yang akurat.
    3. Buka pikiran atau ingatan pembaca
    Membuka pikiran (ingatan) pembaca adalah teknik pembukaan yang ampuh. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kata-kata seperti Bayangkan…, Apa jadinya…, Apakah anda ingat ketika…, dan sebagainya.
    4. Gunakan perumpamaan (analogi)
    Mengumpamakan hal penting dengan sesuatu yang nyata di kehidupan sehari-hari akan memudahkan membaca mencerna apa poin utama postingan Anda.
    5. Tampilkan data yang mengejutkan
    Membuka paragraf dengan data yang mengejutkan (misalnya Anda memperoleh page rank 6 dalam 2 bulan) merupakan teknik yang luar biasa. Sepanjang data itu relevan dan tidak bohong, pembaca akan tertarik dan menyukainya karena salah satu kebutuhan penting blogger adalah page rank blognya yang tinggi.
    Dari kelima cara itu, Anda bisa memilih salah satunya atau menggabungkan beberapa cara itu dalam membuat paragraf pembuka postingan Anda. Sebagai pertanyaan penutup, dari kelima cara yang telah saya paparkan, cara mana yang tidak ada dalam paragraf pembuka postingan ini?

    Tips Ngeblog :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !
     
    Data Browser Anda
    IP


    Untung-Ruginya Menutup Kolom Komentar Blog

    Formulir komentar (cukup kita sebut sebagai kolom komentar saja) biasanya selalu kita jumpai pada sebuah blog. Dan memang sudah sewajarnya bila blog mempunyai kolom komentar di dalamnya. Ardianzzz, melalui tulisannya Minimum Viable Blog, menjelaskan fitur-fitur esensial yang semestinya ada di sebuah blog, yaitu:
    1. Judul atau identitas blog
    2. Blog Post, sudah pasti sebuah blog pasti memiliki postingan di dalamnya.
    3. Tanggal/alur waktu. Sebuah catatan/log disajikan secara berurut
    4. Terdapat arsip
    5. Memiliki kolom komentar – menurut beberapa sumber, sebuah blog harus memiliki kotak komentar.
    Kolom komentar merupakan salah satu fitur esensial yang selalu menyertai sebuah blog, walaupun ia sendiri bukanlah sebuah ciri wajib dari suatu blog, karena ada juga beberapa blog yang menghilangkan fitur tersebut, dan ia tetaplah menjadi sebuah blog tanpa ada orang lain yang dapat membantahnya. :)
    Menghilangkan kolom komentar bagi kebanyakan narablog merupakan sesuatu hal yang tidak wajar atau aneh. Namun bagi saya, hal tersebut sah-sah saja dilakukan, bahkan bila harus menutup blog sekalipun. Beberapa alasan yang melandasi seseorang menutup kolom komentar di blognya pernah dijelaskan pada postingan sebelumnya, antara lain:
    • Menghindari spam
    • Terlalu sibuk
    • Menghindari kesalahpahaman
    • Tulisan dianggap tidak penting
    • Telah disetel waktu kadaluarsanya

    Kolom komentar dilihat dari sisi usability

    Mengapa kebanyakan website/blog di era Web 2.0 menerapkan fitur komentar? Salah satu alasannya adalah karena terkait usabilitas atau kebergunaan. Beberapa poin usabilitas dengan adanya kolom komentar, antara lain:
    • Interaksi antara admin-pembaca lebih hidup

      Opini tidak didominasi oleh pemilik web/blog saja, melainkan juga oleh pengunjung. Dengan adanya kolom komentar, pengunjung dapat memberikan tangapan berupa pertanyaan, tambahan, saran/kritik, serta koreksi terhadap topik yang sedang dibahas. Pemilik blog pun diuntungkan dengan adanya tambahan opini/ide dari pembaca yang peduli. Pembaca pun diuntungkan dengan kemungkinan adanya tanggapan balik berupa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pembaca.
    • Menambah konten (isi) web/blog

      Dengan adanya kolom komentar, memungkinkan pemilik blog memperoleh tambahan konten dari komentar pengunjung. Tentunya konten yang dimaksud adalah konten yang bermanfaat dan sesuai topik yang sedang dibahas, bukan konten spam atau konten kentut (meminjam istilah dari blogernas.co.cc). Penambahan konten yang diberikan oleh pengunjung juga memungkinkan suatu halaman blog lebih terindex oleh mesin pencari. Dan inilah yang biasanya paling disetujui oleh penggila SEO.

    Kelemahan dengan adanya kolom komentar

    Selain beberapa manfaat usabilitas yang dijelaskan di atas, kolom komentar juga mempunyai beberapa kelemahan, yaitu memungkinkan pengunjung untuk menyebarkan komentar spam dan komentar ngasal mereka.
    Pada beberapa mesin blog, kolom komentar yang terintegrasi langsung dengan blog juga menambah beban query ke database blog, sehingga menyebabkan kecepatan muat halaman menjadi lambat. Komentar-komentar yang masuk pun mengakibatkan ukuran database blog bertambah. Semakin besar ukuran database suatu blog, maka semakin lambat/berat pula kecepatan blog di sisi server.

    Untung/Rugi Menutup Kolom Komentar

    Bila adanya kolom komentar akan menambah poin usabilitas suatu blog, alhasil dengan ditutupnya kolom komentar, maka berkuranglah poin usabilitas tersebut. Namun perlu ditekankan, bahwasanya usabilitas adalah sesuatu hal yang subyektif. Tiap fitur blog mempunyai sisi usabilitas tersendiri tergantung dari kepentingan narablog. Penjabarannya adalah sebagai berikut:

    Kepentingan narablog terhadap kolom komentar berbeda-beda

    Beberapa narablog ada yang tidak membutuhkan umpan balik dari pembaca blognya. Misalnya, blog yang hanya berisikan informasi berita semata. Dalam hal ini umpan balik dari pembaca baik berupa pertanyaan dan tambahan opini kurang dirasakan manfaatnya. Sebaliknya, pada sebuah blog yang berisikan opini atau pandangan penulis, umpan balik dari pembaca dibutuhkan, bukan hanya untuk kepentingan penulis saja, namun juga untuk kepentingan pembaca/pengunjung juga.

    Kerugian di sisi pembaca

    Hal yang merugikan muncul manakala sang narablog menulis sebuah opini yang keliru tentang orang/produk lain, yang kemudian banyak orang lain yang membaca tulisan tersebut. Mungkin akan ada orang yang hendak meluruskan perihal “kesalahpahaman” yang ditulis, namun apa daya, kolom komentar telah tertutup. Menghubungi penulis melalui alamat kontak (email) pun dirasa bukan sesuatu yang efektif, karena pembaca tidak dapat meluruskan mindset orang-orang yang telah membaca tulisan itu sebelumnya.
    Kerugian lainnya adalah pembaca tidak mendapat informasi tambahan dari orang lain di kolom komentar. Ada kalanya solusi tepat mencari jawaban praktis dari sebuah tulisan adalah dengan membaca komentar-komentar yang masuk. Namun bila kolom komentar telah tertutup, ada kemungkinan pembaca tidak mendapat jawaban praktisnya.

    Kerugian di sisi pemilik blog

    Bilamana narablog menulis tulisan tentang suatu tutorial atau referensi dari website lain, kemudian pembaca penasaran tentang suatu hal, kemanakah ia harus bertanya? Menghubungi alamat kontak penulis mungkin adalah cara yang tepat. Namun bagaimana bila banyak orang bertanya dengan pertanyaan yang sama? Penulis mungkin akan merasa kesusahan bila harus menjelaskan tiap kali ada orang yang bertanya dengan pertanyaan yang sama. Bila kolom komentar terbuka, niscaya orang yang akan bertanya mendapat jawaban dari jawaban yang tertulis di komentar, dengan demikian dapat menghemat waktu si penulis untuk memberi jawaban.
    Kerugian lainnya dari sisi pemilik blog adalah ia tidak mendapatkan komentar yang banyak, dan hal ini akan mengurangi popularitas blognya. Ups, tidak seharusnya poin ini dijelaskan di sini. Saya bukanlah penganut “pencari popularitas” melalui banyaknya komentar. :)

    Solusi praktis penutupan kolom komentar

    Akan selalu ada untung-ruginya bila kolom komentar ditutup. Menurut saya, solusi praktis bagi narablog yang memutuskan menutup kolom komentar di blognya adalah sebagai berikut:
    1. Konten blog

      Bila anda dan pengunjung blog tidak terlalu membutuhkan interaksi dua arah, maka sebaiknya tutuplah kolom komentar. Selain berguna untuk mencegah serangan spam, penutupan kolom komentar juga dapat menghemat ukuran database blog.
    2. Menutup kolom komentar per posting/tulisan

      Bagi pengguna WordPress, sebaiknya jangan menutup kolom komentar di bagian settingDiscussion, tapi tutuplah di bagian setting individual post. Dengan demikian pemilik narablog dapat membuka kolom komentar pada tulisan/posting yang dirasa perlu umpan balik dari pembaca.
    Anda punya pandangan lain tentang opini saya di atas? Silakan tambahkan atau luruskan bila dirasa perlu. Kolom komentar blog ini masih terbuka lebar-lebar bagi anda.

    Tips Kepribadian :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !

    Data Browser Anda
    IP


    TIPS MENINGKATKAN BANDWIDTH

    Bagi yang suka berinternetan, mungkin rasanya ga lengkap kalau sambil berselancar kita tidak mendownload sesuatu, baik itu artikel, video, maupun file-file mp3. Seringkali juga kita menemukan ada kalanya warnet, atau komputer pribadi kita lambat dalam mendownload suatu file. Terlepas dari masalah yang mungkin terdapat pada server downloadnya, ternyata kita bisa juga mempercepat proses download file-file tersebut. Ada berbagai macam software downloader untuk mempercepat proses download, namun di sini saya akan memberikan tips yang insya Allah bermanfaat untuk mempercepat proses download tanpa menggunakan software downloader.

    [ad#ads468x60]Banyak orang tidak tahu bahwa 20% dari bandwitdh totalnya dipakai oleh windows untuk mengecek keadaannya dari internet. Maka untuk mendapatkan kembali 20% tersebut langkah-langkahnya adalah :
    1. START->RUN
    2. Ketik gpedit.msc
    3. Setelah masuk group policy pilih computer configuration -> administrative templates -> network -> QoS packet scheduler -> limit reservable bandwitdh
    4. Disitu terlihat non configured, lihat explain, dijelaskan masalah 20% tersebut.
    5. Balik ke setting, pilih enabled dan ganti 20 dengan 0
    6. Selamat menikmati kecepatan maksimum internet anda !!
    Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang menggunakannya secara baik.

    Tips Browsing :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !

    Data Browser Anda
    IP


    Mengenal Konsep Blog Hemat Energi

    Konsep hemat energi memang perlu digalakan di segala bidang. Bukan hanya pada produk elektronik dan kendaraan saja, namun juga meliputi produk internet, tak terkecuali sebuah blog. Kriteria apa sajakah suatu blog disebut sebagai blog hemat energi? Seperti halnya lampu dan alat elektronik lainnya, blog pun membutuhkan energi ketika diakses. Besarnya energi yang dibutuhkan tergantung dari objek apa saja yang pengguna (dalam hal ini pengakses) unduh melalui peramban yang mereka gunakan.Dalam pandangan sains, hemat energi adalah ketika suatu benda membutuhkan sumberdaya minimal untuk dapat beroperasi secara optimal. Dalam blog, konsep tersebut digunakan saat ia terbuka/terunduh sepenuhnya oleh peramban tanpa adanya bantuan dari pengaya apapun, dan ia tetap berfungsi dengan baik ketika dibaca/diakses oleh orang normal.
    Menurut saya, ada beberapa kriteria blog hemat energi yang ditilik dari segi (1) Komponen blog, dan (2) Aksesibilitas dan kebergunaan.

    Komponen Blog

    Suatu blog dikatakan hemat energi bila ketika ia diunduh, blog tersebut tidak membutuhkan energi yang banyak. Energi di sini tak lain adalah bandwidth (lebar pita) serta daya listrik yang dibutuhkan ketika mengunduh suatu halaman blog. Bila suatu blog memiliki suatu komponen yang ukuran berkasnya besar, maka tentu saja bandwidth yang terkonsumsi akan lebih banyak, dan tentu berimbas kepada penggunaan daya listrik yang besar pula.
    Namun apakah setiap komponen yang ukuran berkasnya besar dikatakan ia boros energi? Belum tentu. Suatu blog dikatakan hemat energi adalah bila ia membutuhkan energi yang minimal untuk hasil yang optimal. Bila suatu berkas yang besar bisa digantikan dengan berkas yang kecil tanpa kehilangan fungsinya, maka itulah yang disebut penghematan energi.
    Coba pikirkanlah, berapa boros energi yang dibutuhkan untuk mengunduh satu berkas jquery berukuran >100KB hanya untuk menampilkan update status twitter saja, sementara hal itu bisa kita lakukan dengan penggunaan HTML biasa? Berapa energi yang dibutuhkan hanya untuk mengunduh animasi flash hanya untuk menampilkan jam, sementara kita tidak membutuhkan hal itu? Berapa banyak energi yang dikonsumsi hanya untuk mengunduh gambar latar (background) berwarna hitam, bila kita hanya membutuhkan sebaris kode #000 saja untuk menampilkan warna hitam?

    Aksesibilitas dan Kebergunaan

    Blog yang hemat energi tak lepas dari aksesibilitas dan kebergunaan blog itu sendiri. Aksesibilitas di sini adalah kemudahan dalam mengakses, memindai, serta membaca halaman blog secara optimal. Sementara kebergunaan adalah fungsi dari setiap komponen blog untuk mempermudah aksesibilitas.
    Suatu blog mungkin dikatakan hemat energi dari komponen penyusunnya, namun ia berisikan informasi yang bias. Pembaca merasa kesulitan ketika membacanya, yang disebabkan karena bahasa yang digunakan aneh, ejaan yang sulit dimengerti, ataupun navigasi yang membingungkan, sehingga pembaca hanya dibuat berputar-putar saja tanpa menemukan informasi yang bisa ia cerna. Blog seperti inilah yang menurut saya dikatakan sebagai blog boros energi dari sisi aksesibilitas dan kebergunaan.
    Bayangkanlah berapa energi yang hilang percuma ketika kita membuka suatu blog, namun isinya adalah bahasa alay yang tak dapat kita pahami? Berapa besar energi yang terbuang ketika kita dibawa beputar-putar sebelum mendapatkan informasi yang diinginkan? Dan berapa waktu yang terbuang percuma hanya untuk mencermati kata demi kata ketika membaca kalimat yang tak ada titik/koma-nya?

    Simpulan

    Konsep hemat energi perlu kita berlakukan dalam keseharian kita, tak terkecuali dalam suatu blog. Ada beberapa konsep hemat energi yang bisa kita aplikasikan dalam membuat sebuah blog, yaitu komponen yang minimal, serta aksesibilitas dan kebergunaan yang baik, agar pembaca tidak perlu menggunakan banyak energi untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya. Bagaimana dengan blog anda?

    Tips Kepribadian :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !

    Data Browser Anda
    IP


    Mempercepat Browsing Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera


    Ada banyak software untuk browsing di internet, beberapa diantaranya yaitu, Microsoft internet explorer, mozila firefox, dan Opera. Tahukah anda bahwa ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan browsing ketiga alat surfing tersebut. Berikut akan kita bedah satu persatu.

    Untuk Pengguna Internet Explorer:
    • 1. Buka Internet Explorer
    • 2. Jalankan Registry Editor. Klik Start -> Run -> ketik “regedit” -> Enter.
    • 3. Lalu masuk ke HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionInternet Settings


    • 4. Klik kanan dan Pilih Edit ->New -> DWORD Value. Lalu beri nama: “MaxConnectionsPer1_0Server”
    • 5. Doble klik tulisan “MaxConnectionsPer1_0Server” yang sudah anda buat tadi dan pada value Data masukkan angka: 10. Lalu klik OK.
    • 6. Pilih Edit lagi -> New -> DWORD Value. Ubah/beri nama pada pada DWORD dengan “MaxConnectionsPerServer”
    • 7. Doble klik tulisan “MaxConnectionsPerServer” yang baru kita buat tadi dan pada value Data masukkan angka: 10. Klik OK.

    Untuk Pengguna Mozzila Firefox:
    • 1. Buka Mozzila Firefox anda.
    • 2. Pada alamat browser, ketik “about:config” lalu enter, akan ada peringatan, tekan I’ll be carefull, I Promise.


    • 3. Pada bagian filter, ketik kode-kode di bawah untuk mencarinya
    a. pada kode network.http.pipelining, klik dua kali untuk mengubah nilainya menjadi “true”



    b. pada kode network.http.proxy.pipelining, klik dua kali untuk mengubah nilainya menjadi “true”



    c. pada kode network.http.pipelining.maxrequests klik dua kali, lalu ubah nilainya menjadi, misal 10, 20, atau lebih. Standarnya adalah dibawah lima.


    • 4. Langkah terakhir, Klik kanan sembarang tempat, pilih New Integer berikan nama “nglayout.initialpaint.delay” dan berikan nilai “0″.


    Tapi masalahnya ini akan membuat kerja server kita bekerja ekstra karena akan memanggil server lebih banyak dari sebelumnya ….

    Untuk Pengguna Opera:
    • 1. Buka Browser Opera anda.
    • 2. Pada alamat browser, ketik “opera:config” lalu enter
    • 3. Nanti disana akan keluar tampilan option dan klik tulisan performance
    • 4. Untuk settingan maksimal dari bandwith limit, maka ubah settingan dengan isi berikut:
    Max Connection Server = 10
    Max Connection Total = 64
    Network Buffer Size = 64
    Centang No Connection Keep Alive
    Centang Non-Compliant 100 Server Continue



    • 5. Lalu klik save, nanti akan ada perintah untuk merestart Opera
    • 6. Tutup Opera dan buka kembali
    Semoga Berhasil…

    Tips Browsing :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !

    Data Browser Anda
    IP


    4 Tips Ngeblog dari Matt Mullenweg

    Jika anda perhatikan, di sekeliling kita banyak para blogger memberikan tips-tips “ngeblog”, baik ditulis dengan gaya bahasa yang sesuai EYD, ataupun gaya bahasa asal-asalan. Semua memang tergantung kondisi kejiwaan sang blogger itu sendiri saat menulis tips-tips itu.
    Kita sendiri saat membacanya pun akan “manggut-manggut” tanda mengerti ataupun sebaliknya, tambah bingung. Jika yang sudah mengerti akan tips-tips tersebut mungkin akan mengiyakan sekedar meninggalkan komentar yang basa-basi, ataupun malah berlalu sambil mencibir.
    Namun berbeda tentunya jika yang memberikan tips tersebut adalah orang yang dipandang dalam dunia per-blog-an, bahkan dibilang salah seorang pioner berdirinya WordPress, salah satu engine blog terbesar di dunia saat ini. Siapa lagi kalau bukan Matt Mullenweg.
    Di sela WordCamp Indonesia 2009, yang diselenggarakan di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta, Matt memberikan sedikit tips dan trik bagi para blogger agar tidak futur (bahasa lainnya tidak bosan) dalam melakukan aktivitas blogging. Karena diakui atau tidak, kita sepakat bahwa setiap orang akan mempunyai rasa jenuh di bidang apapun, tak terkecuali aktivitas ngeblog.

    Tips-tips Ngeblog dari Matt Mullenweg:

    1. Fokus ke Passion

      Dari sekian pengetahuan menggunung yang Anda ketahui, pasti ada satu atau dua topik yang benar-benar menjadi passion atau yang paling diminati. Cobalah untuk meramaikan halaman blog Anda dengan passion tersebut, mau itu bidang fotografi, teknologi, bisnis atau yang lainnya.
      Pasalnya, menurut Mullenweg, dengan semakin seringnya Anda menuliskan topik tersebut, secara tak sadar Anda akan lebih mahir di bidang itu. “Sebab, Anda akan membicarakan dan meng-update pengetahuan mengenai hal itu setiap hari,” ujarnya.
    2. Jangan Menutup Diri

      Menulis di blog juga tak sekadar sharing pengetahuan. Sekadar sharing perasaan yang tengah Anda rasakan juga dapat melatih kemampuan ngeblog Anda. Sedikit narsis memang, tapi cobalah untuk melakukan hal ini, karena nantinya Anda akan terbiasa untuk berbagi di blog terhadap sesuatu yang Anda anggap menarik atau rasakan.
    3. Kunjungi ‘Tetangga’

      Dunia blog amatlah luas dan tak terhingga besarnya. Layaknya manusia yang hidup di dunia nyata, ‘kehidupan’ di dunia blog juga tak terlepas dari interaksi dengan blogger lain. Kata bekennya di kalangan kita adalah “blogwalking”.
      Dengan melakukan ‘jalan-jalan’ santai di blog orang lain, wawasan Anda pastinya juga akan diperkaya. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun Anda juga bisa mengintip gaya tulisan hingga desain blog orang lain yang bisa diadopsi di blog Anda.
    4. Practice Makes Perfect

      Melahirkan gaya tulisan yang bagus dan khas sesuai cita rasa Anda tentunya tak bisa didapat dalam waktu singkat. Hal ini harus diiringi dengan latihan sesering mungkin yang jika sudah rutin dilakukan akan membuat tulisan Anda terasah dengan sendirinya.
      Matt pun menambahkan bahwa agar latihan menulis ini tak dianggap sebagai beban, anggap saja aktivitas ngeblog sebagai ajang untuk mencurahkan isi hati. “Kalau sudah berjalan nanti akan terbiasa sendiri dan tak akan merasa seperti melakukan pekerjaan,” Lanjutnya.
    Itulah beberapa tips (yang betul-betul) singkat dari sang pendiri WordPress ini. Tentunya akan sangat baik jika kita menyikapinya dengan antusias, bukan cemoohan, karena bagaimanapun tips-tips yang dia utarakan adalah hasil dari pengalamannya sendiri yang mampu untuk mengantarkannya menjadi seorang yang merajai dunia perblog-an. [Dikutip dengan beberapa penyuntingan dari Detikinet.]
    Bagaimana dengan anda, Apakah cukup jelas apa yang dikatakan Matt? Atau malah tambah bingung?

    Tips Ngeblog :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


    Data Browser Anda

    IP


    Jangan Anggap Remeh Penulisan Karakter dalam Pengarsipan

    Ketika bekerja dengan berbagai macam berkas (file), jangan pernah menganggap remeh hal yang kita rasa kurang penting. Satu kasus, salah pengetikan nama file/folder pun dapat berakibat sangat fatal. Beberapa kasus yang lain, pengetikan yang salah dapat menghambat kinerja orang lain.
    Contohnya satu kasus dimana banyak orang menganggap remeh, yakni pengarsipan di dalam komputer. Secara otomatis, setiap folder di komputer akan diurutkan berdasarkan Abjad (1-9, dan A-Z). Lihatlah gambar di bawah.


    Gambar di atas menggambarkan pengarsipan yang kurang benar (istilah halusnya), atau pengarsipan yang sangat buruk (istilah kasarnya). Mengapa demikian? Coba pikirkanlah, berapa waktu yang terbuang ketika kita harus mencari satu persatu nama folder yang tidak sesuai abjad? Berapa tenaga yang sia-sia ketika kita tidak mendapatkan folder yang kita inginkan hanya karena salah ketik?
    Mungkin kita bisa menjawab: “Searching aja”. Enak aja kalo ngomong! Coba bayangkan ketika kita sedang mencari suatu file/folder di server yang sedang diakses oleh puluhan atau ratusan orang. Belum lagi ditambah beban server yang semakin hari semakin lemot aja. Ditambah dengan seringnya mati listrik. Bah, mungkin satu minggu baru ketemu!
    Itulah pentingnya pengarsipan. Jangan pernah menganggap remeh penulisan atau pengejaan karakter sekalipun, karena akibatnya dapat menghambat kinerja diri sendiri maupun orang lain.

    Pengarsipan file/folder yang baik

    Beberapa kriteria pengarsipan file/folder yang baik adalah:
    1. Setiap nama folder/file ditulis dengan huruf yang seragam (kapital atau tidak).
    2. Format file di dalam satu folder harus seragam.
    3. Perhatikan penulisan karakter. Contoh:
      • Penulisan Kab A dengan Kab.A itu beda.
      • Penulisan Kabupaten A dengan Kab. A itu beda.
      • Penulisan Kab. A dengan Kab.A itu beda.
    Intinya adalah keseragaman. Ada yang mau menambahkan?

    Tips Kepribadian :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !

    Data Browser Anda
    IP

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More