flas script


Bagaimana Cara cek link yang rusak

   Helo sobat blogger. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan mengenai bagaimana caranya untuk cek link yang sudah rusak di sebuah website. Tentunya cara cek link yang sudah rusak di suatu website adalah salah satu cara kita untuk mengetahui link rusak atau kadaluarsa .Kita tidak tau apakah link tersebut ada di komentar yang ditinggalkan oleh pengunjung atau berada pada artikel kita sendiri.


   Tentu broken link ini sangat berpengaruh pada seo, karena dapat membuat tidak valid. Ketika saya cek broken link pada sebuah website temen saya (http://indosch.com), ternyata ada sekitar 140 link yang rusak di website tersebut baik itu berasal dari komentar pengunjung,ataupun dari link website itu sendiri.

   Disini di rekomendasikan untuk menggunakan Tool dari brokenlinkcheck untuk Check broken link di website anda.Tool ini memang tidak jauh berbeda dengan Tool Check Broken Link lainnya seperti iwebtool, tetapi dengan brokenlinkchec ini kita juga dapat mengetahui dimana letak link yang rusak tersebut, jadi kita tidak perlu bersusah payah lagi untuk mencarinya. Nah bagi yang pengen nyoba bersih bersih blognya dengan Check Broken Link silahkan buka link di bawah ini

Check Broken Link On Here (click)

Setelah itu masukkan URL website sobat. Lihat seberapa banyak link yang rusak di blog anda.
Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk anda semua.

Tentang SEO

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


    Tips Pemupukan Tanaman Kakao Bag. ke1

    Mengapa kita perlu melakukan pemupukan pada tanaman kakao kita dan bagaimana caranya melakukan pemupukan kakao yang benar? Tanpa panjang lebar lagi,yuk kita simak ulasan berikut ini !

     Pemupukan merupakan salah satu kegiatan pemeliharaan tanaman yang berperan penting terhadap produktifitas tanaman. Akibat pemupukan yang tidak tepat, lahan-lahan kakao banyak yang mengalami kemunduran khususnya dalam hal kualitas lahan.

    Kemunduran kualitas lahan tersebut antara lain terjadi karena berkurangnya unsur hara di dalam tanah, kerusakan sifat-sifat fisik maupun biologis, serta semakin menipisnya ketebalan tanah. Berkurangnya unsur hara dalam tanah disebabkan oleh kegiatan panen,pencucian, denitrifikasi, dan erosi yang terjadi di daerah perakaran tanaman kakao. Kerusakan sifat fisik dan biologis tanah antara lain berupa rusaknya agregat tanah, berkurangnya kemantapan struktur, berkurangnya kadar nahan organik, serta berkurangnya jumlah dan aktivitas organisme yang hidup dalam tanah. Sementara itu, berkurangnya ketebalan tanah terjadi karena erosi yang merupakan penyebab utama kerusakan tanah di lahan yang berlereng curam. Upaya peningkatan kesuburan tanah dapat dilakukan dengan pemberian pupuk.

    Pemupukan bertujuan menambah unsur-unsur hara tertentu di dalam tanah yang tidak mencukupi kebutuhan tanaman tersebut. Pemupukan tanman kakao harus diberikan secara efisien. Efisiensi pemupukan adalah perbandingan jumlah pupuk yang diberikan dengan jumlah pupuk yang diserap oleh tanaman. Namun, umumnya efisiensi pemupukan pada kakao tergolong rendah. Peningkatan efisiensi pemupukan dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip 4T yaitu:

    1. tepat jenis,
    2. tepat dosis,
    3. tepat cara, dan
    4. tepat waktu.

    Pupuk yang biasanya digunakan dalam pemupukan tanaman kakao adalah pupuk urea atau ZA sebagai sumber N, pupuk TSP sebagai sumber P, dan pupuk KCl sebagai sumber K. Selain pupuk buatan, pada tanaman kakao juga diberikan tambahan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos. Meskipun tanaman membutuhkan asupan tambahan berupa pupuk buatan ataupun pupuk organic, pemberian pupuk harus tetap memperhatikan petunjuk dan dosis yang dianjurkan.

    Berdasarkan susunan kimianya, pupuk dibedakan menjadi pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik adalah pupuk yang merupakan hasil akhir atau peruraian tumbuhan atau hewan, seperti pupuk hijau dan kompos. Pupuk anorganik meliputi pupuk buatan, kapur, dan kieserit.Berdasarkan unsur hara yang dikandungnya, pupuk digolongkan menjadi pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Pupuk tunggal adalah pupuk yang mengandung satu macam unsur hara, seperti urea dan TSP. Pupuk majemuk adalah pupuk yang mengandung dua unsur hara atau lebih, seperti Rustca Yellow,Ammophos, dan Kemira.

    Waktu Pemupukan biasanya dilakukan dua kali dalam satu tahun. Waktu yang ideal untuk melakukan pemupukan adalah pada saat musim penghujan atau pada akhir musim hujan (Maret-April atau Oktober-November).
    Cara pemupukan sangat menentukan efektifitas pupuk yang diberikan. Ketidaktepatan dalam melakukan pemberian pupuk bisa menurunkan efektifitastanaman sehingga hasil yang dicapai menjadi tidak meksimal. Pemupukan tanaman kakao secara umum dibedakan menjadi dua metode, yaitu :

     1. pemupukan melalui tanah dan
     2. melalui daun.

    Pemberian pupuk anorganik yang diaplikasikan melalui tanah dapat diberikan melalui tanah dengan cara meletakkan pupuk pada parit (alur) yang dibuat melingkar di sekeliling pohon dan kemudian di tutup kembali. Penutupan bertujuan untuk mengurangi hilangnya pupuk akibat penguapan (urea) dan erosi. Pupuk yang diaplikasikan melalui daun dapat diberikan apabila telah tampak gejala kekurangan atau kekahatan atau hanya dilakukan pada pemupukan unsur mikro (seperti Cu, Zn, Fe, atau Mn).

    Unsur mikro sering diberikan melalui daun karena pemberiannya dilakukan dalam jumlah yang sangat sedikit sehingga jika diberikan melalui tanah, akan banyak diikat oleh tanah dan tidak dapat diserap oleh tanaman. Pupuk organik dapat ditaburkan di sekeliling pohon atau diletakkan pada parit di sekeliling pohon. Kedalaman parit sekitar 30 cm dan pupuk yang akan digunakan kemudian ditimbun dengan tanah setebal 5 cm.

    Dari tips di atas dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pemupukan tanaman kakao harus diperhatikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyerapan pupuk. Karena pemupukan akan menjadi sia-sia apabila tidak didukung oleh kondisi lingkungan yang menyebabkan penyerapan pupuk tidak optimal.

    Salam Tani ... Semoga Bermanfaat ... !!!

    Bertani Kakao :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


    Tips Pemupukan Tanaman Kakao Bag Ke 2

    Dosis Pemupukan Tanaman Kakao
    Dosis pemupukan tanaman Kakao yang belum berproduksi (gram/tanaman):

    a) Umur 2 bulan: ZA=50 gram/pohon.
    b) Umur 6 bulan: ZA=75 gram/pohon; TSP=50 gram/pohon; KCl=30
        gram/pohon; Kleserit=25 gram/pohon
    c) Umur 12 bulan: ZA=100 gram/pohon
    d) Umur 18 bulan: ZA=150 gram/pohon; TSP=100 gram/pohon; KCl=70
        gram/pohon; Kleserit=50 gram/pohon
    e) Umur 24 bulan: ZA=200 gram/pohon

    Dosis pemupukan tanaman Kakao berproduksi (gram/tanaman):

    a) Umur 3 tahun: ZA = 2 x 100 gram/pohon, Urea = 2 x 50 gram/pohon, TSP =
        2 x 50 gram/pohon, KCl = 2 x 50 gram/pohon.
    b) Umur 4 tahun: ZA = 2 x 100 gram/pohon, Urea = 2 x 100 gram/pohon, TSP =
        2 x 100 gram/pohon, KCl = 2 x 100 gram/pohon.
    c) > 5 tahun: ZA = 2 x 250 gram/pohon, Urea = 2 x 125 gram/pohon, TSP=
        2 x 125 gram/pohon, KCl = 2x 125 gram/pohon.

    Bagaimana cara pemupukannya dan kapan waktu pemupukan tanaman kakao ini,silahkan baca artikle sebelumnya di sini !

    Salam Tani ... Semoga Bermanfaat ... !!!

    Bertani Kakao :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


    Tahapan cara membuat Newsletter

    Pada posting saya kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat newsletter .
    Newsletter adalah pilihan yang tepat bila Anda ingin mengirim email untuk pembaca blog Anda. Newsletter ini memungkinkan Anda mengirim konten email dengan format HTML untuk pembaca.  Tidak seperti Berlangganan Email Feedburner (yang hanya mengirimkan update posting via email pada interval reguler). Anda dapat menyusun dan mengirimkan newsletter setiap saat. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan mengirim Newsletters.
    1. Buka http://google.com/friendconnect dan login di sana
    2.Click pada Nama Blog Anda pada panel sebelah kiri. (tambahkan (Add new site) jika blog Anda belum ada )
    create-newsletter-using-google-friend-connect
    3.Click pilihan "Send a newsletter"
    send-newsltter
    4. Klik kotak centang yang bertuliskan “Ask visitors to subscribe immediately after their first sign-in". Setelah itu Klik Tab 'Newsletter Gadget"
    configure-newsletter
    5. Atur Warna dan Pilihan lainnya kemudian klik Tombol "Generate Code"  kemudian Salin Kode tersebut.
    6.Tambahkan kode tersebut ke website/blog Anda. Jika Anda menggunakan blogger, Pergi ke Tata Letak (Layout)>Elemen Halaman (Page Elements) dan klik pada link Tambah Gadget (Add a Gadget)
    add-gadget
    Pilih HTML / JavaScript 
    add-html-javascript-gadget
    dan paste Kode tadi ke Kotak yang muncul lalu Simpan.
    7. Sekarang pembaca blog Anda akan bisa berlangganan Newsletter dari Anda.
     
    Bila Anda memiliki pelanggan yang cukup, Anda dapat menulis Newsletter dari tab Compose newsletters, Nah setelah selesai membuat newsletter, Klik pada tombol Preview and send newsletter lalu Klik pada tombol Send newsletter dari jendela popup pratinjau. Anda bisa melihat berapa banyak penerima akan menerima newsletter anda. (Contohnya pada gambar dibawah Penerima Total: 539)
    preview-and-send-newsltter
    Berlangganan Newsletter adalah  hanya salah satu fitur Friend Connect Gadget. Ada banyak lagi fitur lain dari Friend Connect Website yang akan saya utarakan lain kali...! terima kasih....

    Tentang SEO :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !

    Jangan Lupa Coments Yaaa...!!!

    Data Browser Anda
    IP


    Tanaman Kakao Dan Tips Perawatannya


        Dalam dunia pertanian,tanaman kakao / coklat ini sudah tidak asing lagi bagi para petani kakao di distrik Prafi dalam merawat tanaman tersebut,namun adakalanya dari beberapa cara merawat tanaman kakao ini kita masih belum bisa menghasilkan hasil yang sesuai dengan yang kita harapkan. Nah disini kita akan coba bersama-sama mengupas permasalahan dari tanaman kakao tersebut.
       Dari hasil survey di luar Manokwari (Lampung), tanaman kakao ini mampu berproduksi antara 17-20 ton basah perhektar perbulan pada tahun 2010-an,wowww... sangat luar biasa. Sedangkan untuk distrik Prafi-Manokwari maximal 300kg kering perbulan perhektarnya,sungguh nilai nominal yang sangat jauh berbeda tentunya. Lalu apa yang membuat perbedaan pendapatan dari hasil panen tersebut...??? Tentu ada beberapa hal / cara yang mungkin belum di ketahui oleh kebanyakan para petani kakao di Indonesia dan khususnya distrik Prafi-Manokwari.
       Ada 4 hal pokok yang di lakukan oleh para petani kakao di Lampung yang dapat di terapkan oleh semua petani kakao adalah sebagai berikut : 
    • 1. Pelindung tanaman kakao
        Pelindung tanaman kakao ini cukup penting perannya dalam meningkatkan produksi kakao di distrik Prafi-Manokwari,mengingat tanaman kakao ini baru bisa stabil tumbuhnya jika berada di suhu antara 8°C - 30°C,maka para petani kakao di himbau untuk menanam tanaman pelindung, minimal dengan jarak 15m X 20m. Lalu tanaman pelindung jenis apa yang cocok untuk tanaman kakao ini...??? Tanaman PETE,sangat cocok untuk di jadikan tanaman pelindung para petani kakao. Selain buahnya yang dapat menambah penghasilan,tanaman yang satu ini bisa menggugurkan daunnya dan kemudian bersemi kembali,jadi tanaman kakao tidak terus menerus terlindungi oleh tanaman pelindung,adakalanya tanaman kakao kita dapat tersinari oleh matahari secara full / keseluruhan. Selain daripada itu, daun PETE yang berguguran tersebut dapat menjadi pupuk alami setelah menjadi humus di tanah.
    • 2. Pemangkasan tanaman kakao
        Pemangkasan ini terdengar sepele,namun jika pemangkasan ini tidak di lakukan dengan benar / asal mangkas, maka hasil dari produksi tanaman kakao tersebut justru akan mengalami penurunan dari bulan ke bulan berikutnya. Terlebih lagi,jika terlalu rimbun,maka akan timbul parasit seperti lumut,benalu dll yang melekat di batang tanaman kakao.
    Adapun beberapa cara pemangkasan yang di lakukan oleh para petani Kakao di Lampung adalah sebagai berikut : 

    PERTAMA, Pangkaslah dahan-dahan yang terlihat bertumpuk dan tidak berproduksi lagi,untuk dahan yang menjulur ke samping, sisakan untuk 4 mata angin dengan tujuan agar ada hubungan antara 1 pohon kakao dengan pohon kakao yang berada di sebelahnya.

    KEDUA, Peliharalah 1 tunas kakao di setiap tanaman kakao yang menjulur lurus ke atas,dengan tujuan,agar tanaman kakao ini tinggi hingga kurang lebihnya 8meter. Di setiap ketinggian 2 meter, peliharalah cabang kakao yang menjulur ke samping untuk 4 arah mata angin dengan tujuan yang sama,yaitu agar ada hubungan antara 1 tanaman kakao dengan tanaman kakao yang berada di sebelahnya.

    KETIGA, Dari kedua hal yang sangat penting diatas,maka tidak kalah pentingnya yaitu sinar matahari sebagai pengolah makanan tanaman kakao dengan proses fotosintesisnya. Maka dari itu,pemangkasan dan pemeliharaan tunas jangan sampai menghalangi sinar matahari yang akan menyinari tanah,batang dan daun. Sebab,jika tanah kurang terkena sinar matahari,maka produksi tanaman kakao akan kurang sempurna akibat penyerapan unsur hara oleh daun berkurang. Kurang lebihnya 20% tanah terkena sinar matahari.
    • 3. Pemupukkan tanaman kakao
        Untuk pemupukkan tanaman kakao ini bisa kita pupuk dengan pupuk kandang dan di campur dengan pupuk urea/KCL,maka hasilnyapun akan lebih produktif di banding jika anda tidak memberikan pupuk sama sekali. Untuk Pupuk kandang itu sendiri mudah di jumpai di distrik Prafi-Manokwari. Pemupukkan tanaman kakao ini akan lebih efektif jika di lakukan dengan benar,lalu bagaimana cara yang benar untuk pemupukkan tanaman kakao ini...???
       Salah satunya adalah dengan memasukkan pupuk kandang tersebut ke dalam tanah di 4 mata angin pada tiap-tiap tanaman kakao dan hal ini cukup di lakukan untuk 1 tahun 1 kali saja. Untuk meletakkan pupuk kandang di dalam tanah,Kita bisa menggunakan bor tanah dengan diameter 3inch-4inch dengan kedalaman pengeboran antara 30cm-40cm dan jarak dari tanaman kakao antara 50cm-60cm.
    • 4. Pengendali hama
        Untuk pengendali hama pada tanaman kakao ini,para petani kakao di distrik Prafi-Manokwari masih lebih banyak menggunakan pestisida,namun hasilnya masih cukup mengecewakan,mengapa...???
    Seperti yang kita ketahui,bahwa pestisida hanya mampu untuk jenis-jenis serangga seperti kupu-kupu,ulat,semut dll,namun untuk jenis tikus tentunya tidak berpengaruh,karena di distrik Prafi-Manokwari ini,serangga yang paling menurunkan hasil para petani kakao adalah tikus. Yang mana tikus ini akan melubangi buah kakao,sehingga buah kakao tersebut bijinya berjatuhan dan membusuk. Untuk mengatasi hal ini,ada baiknya kita mengambil pengalaman dari para petani kakao di Lampung,yaitu dengan memelihara semut hitam,namun untuk di distrik Prafi-Manokwari saya belum pernah menjumpai jenis semut yang satu ini,tapi bisa kita ganti semut hitam tersebut dengan jenis semut serupa yang ada di distrik Prafi-Manokwari yaitu semut merah (angkrang).
        Semut merah ini memiliki ukuran,bentuk tubuh dan air kencing yang sama dengan semut hitam. Jadi,selama tanaman kakao ini di penuhi dengan semut merah,maka hama tikus,ulat,kupu-kupu dll tidak akan ada lagi di tanaman kakao kita.

    Keuntungan memelihara semut merah di tanaman kakao.

        Beberapa hal yang dapat kita ambil manfaatnya dari memelihara semut merah adalah tidak jauh dari keuntungan memelihara semut hitam oleh para petani kakao di Lampung. Adapun keuntungan-keuntungannya adalah sebagai berikut :

    A. Mengusir hama yang tidak menguntungkan seperti Tikus,Ulat,Kupu-Kupu dll.
    B. Membantu penyerbukkan bunga tanaman kakao.
    C. Tidak di perlukan lagi obat-obatan pestisida untuk menekan hama pada tanaman kakao.

    Lalu apa yang harus kita lakukan,agar semut merah ini betah untuk tinggal dan berkembangbiak di tanaman kakao...???

       Ya...untuk jawaban yang satu ini tentu anda memiliki pendapat sendiri-sendiri ya?
    Berdasarkan pengalaman demi pengalaman,maka kita harus tahu dulu habitat dan pola hidup dari semut merah ini. Dan ALL hasilnya ternyata cukup mudah,antara lain :
    1. Biarkan daun-daun tanaman kakao tersebut berserakan di bawah tanaman kakao,hal ini untuk perkembangbiakkan semut merah itu sendiri.
    2. Dengan pemangkasan yang benar seperti yang telah di jelaskan di atas,maka semut merah ini dapat berjalan dari 1 tanaman kakao ke tanaman kakao yang lainnya tanpa harus turun ke tanah terlebih dahulu,jadi semut merah ini tidak terisolasi di 1 tanaman kakao saja. Hal ini dapat mempercepat perkembangbiakkan semut merah itu sendiri.
    3. Jangan menggunakkan obat-obatan pestisida untuk kepentingan apapun,karena hal ini dapat membuat semut merah terganggu dalam perkembangbiakkannya.

    Hal pertama yang harus di lakukan untuk menempatkan semut merah di tanaman kakao ini adalah :
    " Pastikan bahwa hama lain sudah berkurang"

    Bagaimana cara memastikannya...???

    Semprot tanaman kakao anda dengan pestisida,hal ini di maksudkan agar semut merah memiliki populasi terbesar di tanaman kakao anda,sehingga hama lain akan sulit untuk berkembangbiak.
    Demikian ulasan tentang tanaman kakao ,semoga bermanfaat untuk semua petani kakao di Indonesia

    Bertani Kakao :

    Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More