flas script


7 Masalah Audio Speaker Lapangan

Dalam dunia audio, baik itu untuk in door ataupun out door pasti erat sekali hubungannya antara Jenis Speaker dan desain boxnya. Karena setiap jenis speaker dan ukurannya memiliki karakter sendiri-sendiri. Banyak yang beranggapan dengan adanya banyak speaker dan speakernya dengan ukuran yang besar-besar, maka swaranya akan semakin mantap, hal ini tidak sepenuhnya benar, jika speaker tersebut memiliki watt yang kecil dan terlebih lagi jika di pasang pada box yang tidak sesuai nilai volumenya sperti yang tertera di Magnit atau di Karton atau di buku petunjuk speaker tersebut dan tidak dukung dengan PA yang memadai.

Dari uraian kecil di atas, maka akan timbul permasalahan yang tak terduga, permasalahan- permasalahan tersebut biasanya timbul setelah di uji coba di lapangan terbuka.

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk diketahui dalam membuat audio yang mantap dan berkwalitas tinggi, di antaranya adalah 7 Masalah Audio Speaker Lapangan berikut ini :

1. Speaker Kwalitas Tinggi, Biasanya speaker jenis ini memiliki watt yang cukup tinggi, minimal 500watt-600watt untuk Hight, 600watt-800watt untuk speaker 6”-12”, 800watt-2000watt untuk speaker 15”-21”. Nilai watt tersebut di atas adalah nilai minimal, jadi jika dana cukup untuk membiayai speaker dengan watt yang lebih besar dari yang tersebut di atas, maka gunakanlah speaker tersebut. Adapun speaker-speaker dengan watt tinggi dan sudah banyak di kenal di Indonesia adalah BNC, RCF, SONO, Apollo, DAAD, Montarbo, NOS, Fostex, Black Widow, Wisdom, Toto Sound, ADS, ACR Fabulous, AUDAX dan yang paling berkelas dan bergengsi product dari MEYER. Speaker untuk generasi terbaru sudah tidak lagi menggunakan magnit ferit dengan ukuran yang besar dan berat, namun sudah menggunakan magnit NEO yang ukurannya relatif kecil tapi memiliki daya tarik magnit 5 kali lipat magnit ferit. Secara Umum Speaker terbagi menjadi 4 karakter, yaitu Hight, Midle, LowMidle & SubWoofer.

2. Power Amplifier (PA), gunakan PA yang sesuai dengan Speaker yang anda gunakan, mulai dari karakter dan wattnya. Minimal watt PA adalah 150% dari watt speakernya atau dapat dirumuskan sebagai berikut, “ Watt Speaker di bagi 2 lalu di kali 3 = watt PA“ , dengan hal ini maka speaker akan mengeluarkan audio sebagaimana mestinya. Karakter PA sangat menentukan hasil akhir dari audio anda, Secara Umum PA terbagi menjadi 4 karakter, yaitu PA Hight, PA Midle, PA LowMidle & PA SubWoofer, Jika dari ke4 karakter PA tersebut di beri audio input langsung dari DVD tanpa bantuan Equalizer dsb, maka akan terdengar perbedaan audio yang tipis (hampir sama tapi tidak sama) pada speaker yang sama.Untuk PA rakitan biasanya untuk membuat PA tersebut masuk dalam 4Karakter PA, maka pada bagian inputnya di berikan filter dengan menggunakan Kondesator keramik dan resistor, baik di pararel maupun di seri, di samping itu Elco pada driver PA juga sangat menentukan karakter PA, Minimal 22uf/200v dan maximal 470uf/200v yang mana semakin besar Elconya, maka karakternya semakin ke PA SubWoofer. Untuk Watt PA sendiri selain di tentukan oleh Transistor Panel dan drivernya, juga sangat di tentukan oleh Transformatornya (Trafo), gambaran mudahnya dapat di rumuskan sebagai berikut “ Ampere Trafo di kali AC OutPut Yang di Gunakan = Max Watt PA “ . Jadi jangan percaya jika ada PA 2000watt, tapi menggunakan 1buah Trafo 10A dengan AC Outputnya 42Volt CT, di jamin audionya bakal cacat / sember (Daun speaker tidak bergetar sebagaimana mestinya) jika PA tersebut di gunakan untuk mendorong Speaker 1000watt - 1200watt .

3. Desain Box Speaker, Box speaker harus sesuai dengan karakter speaker yang anda gunakan. Box Speaker dengan model dan ukuran volume yang sesuai dengan speakernya, akan menghasilkan kwalitas audio yang sangat sempurna sesuai karakter speaker tersebut. Untuk Box speaker 3WAY (Hight,Midle dan LowMidle) gunakan saja Box model GTO atau model TT (Dari Midas). Kelebihan dari Box ini adalah : dengan ukuran yang mini, namun mampu memuat beberapa speaker dengan tidak mengurangi volume Box yang di butuhkan oleh speaker, jadi bisa ngirit kubikasi saat di susun.

Gambar 1 Model GTO
Box Speaker GTO array By MEYER 3Brothers Study
Klik untuk tampilan penuh

Gambar 2 Model TT
Box Speaker TT array By Midas 3Brothers Study
Klik untuk tampilan penuh

System speaker Hight di dalam box biasanya menggunakan 2 atau 3 driver twetter dalam 1 horn hight seperti pada contoh gambar berikut ini :

Twetter array 3 driver 2 driver 3Brothers Study
Klik untuk tampilan penuh
Sedangkan untuk Box speaker SubWoofer secara umum menggunakan 1speaker dan 2speaker / boxnya meskipun ada yang menggunakan 4speaker / boxnya. Pada umumnya box speaker SubWoofer terbagi menjadi 2 bagian, yaitu box yang di desain untuk menggetarkan Lantai atau tanah dan box yang di desain untuk menggetarkan udara. Box SubWoofer yang di desain untuk menggetarkan tanah ini biasanya di buat oleh pembuatnya untuk mendapatkan nada SubWoofer terendah dari speaker SubWoofer tersebut dengan mengandalkan tanah sebagai media rambatan audionya, sedangkan untuk box yang di desain untuk menggetarkan udara (Biasanya di lengkapi system horn subwoofer), biasanya di gunakan oleh pembuatnya untuk mencari jangkauan jauhnya audio SubWoofer tersebut dengan mengandalkan udara sebagai media rambatannya. Jadi kesimpulannya adalah : untuk mendapatkan audio SubWoofer yang sempurna dan jauh, maka kita perlu menggunakan 2 jenis atau model dari box SubWoofer tersebut . Untuk Model dan jenis dari box speaker SubWoofer ini sangatlah beragam, intinya adalah ; dengan ukuran box yang sama atau tidak jauh berbeda, namun bisa memuat beberapa speaker dengan tidak mengurangi volume yang di butuhkan oleh speaker tersebut, jadi bisa ngirit kubikasi saat di susun.

Box Menggetarkan Tanah
SubWoofer tanah sound array 3Brothers Study
Klik untuk tampilan penuh

Box Menggetarkan Udara 

SubWoofer udara sound system array 3Brothers Study
Klik untuk tampilan penuh

4. Mixer dan Asessoriesnya ,Dari berbagai macam merk dan model mixer, intinya adalah sama yaitu sebagai penyampur dari beberapa audio yang masuk menjadi 1 audio output yang akan di bagi kembali oleh Crosofer aktif menjadi 3WAY / 4WAY, yang membedakan adalah jumlah channel dan kegunaannya. Jika Sound anda kedepannya akan siap di gunakan untuk untuk acara live seperti Band / Dangdut / CampurSari, sebaiknya menggunakan mixer minimal 32Chanel yang ori dan bertenaga dorong yang kuat. Mixer jenis ini biasanya product dari Midas,Micky,Alesis, Roland dan SoundCraft. Untuk asessoriesnya sebaiknya satu merk dengan mixer yang anda gunakan, adapun beberapa jenis asessories yang di butuhkan untuk sebuah perangkat sound untuk acara live adalah sebagai berikut :
  • DI-Box (peredam nois pada control gitar, organ dsb sebelum ke mixer)= minimal 4 buah 
  • Compressor 4channel = 2 buah 
  • Feedback = 1 buah 
  • Effect = 1 buah 
  • Module Drum = 1 buah plus Mic Drum Set-nya. 
  • BBE Maximizer = 1 buah 
  • Equalizer = 2 buah 
  • Crosofer aktif untuk panggung = 1buah 
  • Crossofer digital management untuk sound buangnya = 1buah 
  • Gain Expender 4Channel untuk sound buangnya = 2buah 
  • Handset audio flat untuk control operator = 1buah 
  • HT / sejenisnya = Minimal 3 buah, untuk komunikasi antara Operator utama, operator panggung dan bagian listrik.
5. Kabel Sound System, jangan menganggap enteng masalah kabel yang akan anda gunakan pada sound system anda, karena hal ini merupakan salah satu penentu bagus tidaknya audio yang akan keluar nantinya, baik itu kabel untuk listrik dan speaker anda maupun untuk input output audionya. Untuk kabel listriknya, gunakan saja minimal kabel kawat yang isi 3 (Yang 1 kabelnya untuk Ground Listrik), ukuran minimal 3mm dan kabel audionya minimal Kanary, Makita atau B-EMA. Untuk masalah kabel sebaiknya anda lebih sering sharing dengan pemilik sound yang ada di daerah anda, itu akan lebih baik lagi. Adapun keperluan kabel tersebut meliputi :
  • Kabel Snack minimal 32Channel dengan Panjang ± 50m = 1buah + Rolnya. 
  • Kabel Mic panjang 10meter + Mic-nya yang ipedensinya di bawah 600 Ohm = masing-masing 32 buah. (Untuk melayani Campusari dan wayang kulit) 
  • Kabel speaker Output dari PA ke Speaker merk “ B EMA 6Way“ = 100 meter (Akan di bagi 4, 2 untuk buang dan 2 untuk control panggung). 
  • Kabel untuk Listrik yang isi 3 kabel model NYM 3mm = 300meter (±50m-75m dari diesel ke operator + Rolnya, ini tergantung panjang kabel snacknya , 2 X 25 meter untuk sound buang ke diesel , 1 X 25 meter untuk Sound Control panggung dan sisanya untuk jack pendek-pendek ) 
  • Kabel Serabut yang transparant untuk lampu = 2 X 100 meter (2 Rol) + Rolnya 2buah. 
  • Kabel Lighting + lampu panggungnya = 1Set
6. Sumber Arus, Secara umum listrik yang di pakai untuk sebuah sound adalah 220Volt / 5oHz. Untuk kebutuhan watt-nya sebaiknya di sesuaikan dengan perangkat sound yang ada, misal sound dengan daya 10.000watt, maka akan di butuhkan sumber arus dari dieselnya ±15.000watt atau dapat di rumuskan sebagai berikut “Watt sound di bagi 2 lalu di kali 3= watt diesel”. Dengan demikian, maka sound tersebut tidak akan kekurangan tenaga saat di geber. Untuk mesin diesel sendiri, sebaiknya gunakan saja diesel yang sudah di Casing. Kelebihan dari diesel casing ini antara lain : tidak bising (Nyaris tak terdengar), Berani hujan-hujanan, sudah ada radiator airnya dan sudah start tangan.

7. Menempatkan Speaker di Lapangan, Ada teman pemilik sound yang bertanya, kenapa sound saya di pakai di lapangan terkadang enak swaranya tapi terkadang macam tidak mau keluar ? Permasalahannya sebenarnya sangat simpel, menurut ilmu pengetahuan alam, audio / swara dapat terdengar melalui media rambatan seperti tembok, tanah dan juga angin / udara, tanpa media tersebut audio tidak bisa di dengar oleh telinga manusia. Gravitasi bumi , tekanan udara dan kelembaban udara juga sangat mempengaruhinya, untuk wilayah di sekitar sound mungkin tidak terlalu berpengaruh, tapi untuk jarak 3km – 4km akan sangat terasa perbedaannya. Dengan demikian maka dalam masalah menempatkan speaker ini sebaiknya jangan sekali-sekali melawan arah angin di tempat tersebut, jika sound anda ingin terdengar sampai jauh.

Demikian 7 masalah sound system lapangan yang dapat saya bagikan buat teman-teman semuanya, jika anda ada saran / koreksi / ingin berbagi pengalaman, silahkan tinggalkan komentar anda, karena komentar anda akan sangat membantu kami dalam dunia Sound System kami !
Salam Blogger dan semoga bermanfaat !!!


66 komentar:

Mantap . . . .thankz untk pembahasanya, klu bisa sering2 bahas masalh yang semacam ini khususx untuk Audio..... Thankz untuk infox ini sangat membantu

Sama" gan, and thanks atas kunjungannya!

Maturtankyu gan ats infoy
Sekalian nanya ni gan...
Cari elco yg original 100v100rb mkro dmna ya gan wlyh jatim kususe mdiun pnrgo

Matur tankyu gan...
Skalian nanya ni gan..
Dimana ya bsa mndptkan elco 100v100rb mkro yg original di daerah jatim kususe mdiun pnrgo?...

gimana seperti JBL YAMAHA MANTARBO apa jenis2 tersebut juga bagus dan jenis yang sangatlah bagus menurur gan

rudi ajja @ Wah klo masalah elco di wilayah ponorogo, aku kurang tahu karena aku sendiri di Manokwari, mngkn ada temen" lain yg tahu, monggo corat corete...

Syaiful Badri Syardin @ Semua speaker sebenarnya bagus yg penting di tempatkan sesuai karakternya, yg kelas hight ya untuk hight, yg low ya untuk low dst. Yg membedakan adalah wattnya, biasanya semakin besar watt speaker maka semakin sip audionya. desain daun speaker + magnetnya juga sgt mempengaruhi watt dan audionya...

Ok mksih ya mas,,,,,,,,,†̥ά̲þ̅i sbnarnya ciri"elco yg asli gimana tow mas???

Ciri" elco yg bagus menurut pengalaman saya, jika di letak pada meja kaca yg datar lalu kita guling"kan elco tsb mengguling stabil, tidak bolak balik ketika akan berhenti, karena jika tidak biasanya isi dr elco tersebut adalah pasir yg di padatkan, kira" seperti itu gan...

SLM knal, tlng juga dilampirkn ukuran box speaker untk msing² karakter swaray mas. maturthankyou

Untuk ukuran box speaker sangatlah beragam, tergantung untuk speaker berapa inch dan untuk karakter apa, jadi untuk masalah box speaker coba agan kunjungi url berikut ini, semoga dpt membantu...
http://wizardaudio.hu/hasznos.php

Salam kenal juga buat Andi Setiyono...

Saya suka ini postingan

Wah mantap sekali gan... thanks... atas infonya...

buat muanya thanks juga atas kunjungan brooo...!!!

Sangat membantu sekali pak, bisa dirinci harganya tiap2 perangkat n biaya2 ngesetb, soalnya saya mau bikin usaha itu pak.

Geger Yuliasmoko@ Maaf ya saya tdk bisa merinci harganya satu per satu, sebab tiap toko beda harganya, beda kwalitas beda pula harganya...



Wah mantap penjelasannya. Sekalian mau nanya, saya msh awam, untuk high saya pakai tweeter, sebaiknya saya pakai power sendiri apa saya gabung dengan midle.

Defa Riani @ Untuk kestabilan audionya sebaiknya pakai PA sendiri...

Terima kasih banyak buat penjelasannya mas, sangat baik dan jelas, maaf mas sekaliam saya mau tanya.

Paman saya minta dibelikan speaker ukuran 15 inci dan yang buatan jerman, untuk keperluan sewa hajatan, mohon sarannya merek jerman apa yang punya kualitas suara terbaik dan berapa watt yang harus saya beli, sebagai informasi saya akan membeli nya diluar negeri ( USA ) mas, terima kasih banyak sebelumnya mas

Info yg sangat bagus.. Thanks.

Josss infone tp syg cuma ngiler saja saya hhhh

Mantap info dan ulasannya

mau nanya, kalau speaker lokal merk ACR bagaimana kualitasnya? dan apa rekomendasinya?

Muklis @ Kwalitas ACR udah mantap, suku cadangnya tersedia dan harga relative lebih murah, yg penting sesuaikan dgn kebutuhan Hz audionya, jangan ingin vokal yg lantang jika spknya ACR Excelent 18", begitu juga sebaliknya, jangan ingin nada bass 40Hz [bass gler] jika spknya ACR spesial, intinya ketahui dulu datasheet/spesifikasinya spk tsb sesuai dgn kebutuhan Hz audio kita. Silahkan berkunjung ke web resminya spk ACR utk mengetahui datasheet tiap2 productnya, maaf jika salah mohon di luruskan...

Makasih informasinya gan, mantap

gan merk amplifier yg bagus untuk lapangan dan ruangan berapa watt gan .dan merk apa yg bagus gan

gan merk amplifier yg bagus untuk lapangan dan ruangan berapa watt gan .dan merk apa yg bagus gan

Kalo watt, lebih besar lebih bagus, baik untuk ruangan maupun untuk lapangan, ntar gainnya yang menyesuaikan, kalo merk ada banyak, jika PA tersebut PA BuildUp ya pasti bagus.

gan kalo modif pa ocl 150 watt biar bassnya nendang gmn gan dan suara antara L dan R bisa seimbang gan,kirim ulasanya ke email aku ya gan,casn.bungur@gmail.com

makasih banyak but infonya gan,, nice artikel

http://goo.gl/lNDhfl

Apotek Herbal ACE MAXS @ Thanks atas kunjungannya gan .....

berapa watt speaker midle yg dibutuhkan di lapangan dan sub woofer dilapangan

Santiago Samire@ Semakin besar wattnya maka semakin bagus dan mudah untuk menguasi segala kondisi lapangan....

klu sya makai mixer behringger xenix 2222 gi mna gan...? apa kelemahannya

Unknown@ semua mixer BU itu dah bagus, tinggal OT-nya aja di TKP...

Aduh kang jadi ingin ikut nimbrung nih, saya punya speaker aktif double woofer 15″ plus tweeter dengan RMS masing2 200 watt, apakah bisa bagus dan kuat untuk digunakan di lapangan / panggung? dan bagaimana apabila diparalelkan lagi dengan satu pasang yang sama, apakah akan menambah bagus dan tidak akan ada masalah?

Minta ukuran box sub untuk 10 inch 12inch tolong bantu gan

Unknown @ Pake aja model box C-Sub...

Mas mlm aku pux ap 800 wat tpi aku blum pux speaker tlng mas bantuanx speaker acr brpa inci bsa terpaikai end berpa buah soalx aku mau rakit sendiri

Sesuaikan saja wattnya dan tiap" PA mononya di pasang 2 speaker, artinya hanya main di 2 ohm saja gan....

Infonya manteb bgt, makasih gan,

Saya mau beli speaker 12" Type wofer kira kira acr sama fostek bagusan mana ya truz apalah harga mahal itu pasti lebih bgs ?

Maaf mas bro saya mau sering2 ni ama mas bro soal sound system klu boleh minta pin bbnya atau no hpnya mas bro.. mkasih...

Mantap mas bro ini bru pembahasan yang lengkap banyak blog yang hanya membahas setengah aja nggak full saya salut mas bro.. oh iya saya mau minta no hpnya mas bro ni mau sering2 soal sound mas bro mkasih...

Sangat membantu thank's infonya

sip Gan,,, muantap, n sangat membantu

Yang begini baru mantab gan. Sangat2 membantu!!! Terus berkarya gan

Makasih ilmunya mas, saya mau tanya model bok sub 18" untuk lapangan yang bagus model apa untuk speaker soundking 600watt
X2

Makasih ilmunya mas, saya mau tanya model bok sub 18" untuk lapangan yang bagus model apa untuk speaker soundking 600watt
X2

Gan aku mau tanya . .
Aku SANGAT AWAM 0 dalam dunia sound
Aku punya 2 speaker excellent 15 inch BARU dan
PA 10 ampher 32 volt
Menurutmu . . PA yang bagaimana untuk
MEMAKSIMSLKAN kedua speaker tadi ?

Gan mau tny klo spker 500w max cocokny dikasi PA brp wat biar bagus suarany & 500w Rms cocokny dikasi PA brp wat biar ok suarany.mklum mas br mau mulai usha soundsystem...

Om..rekomendasi donk. Merk speaker subwoofer yg bagus apa ya??? Please

Slamat Malam Mas n Lam kenal.
Saya tertarik n senang dgn penjelasan tentang sound system.
Mas, mau tanya Speaker 18 in subwoofer Yang bagus untuk lapangan, merek apa.
Trim's atas infonya sblmnya.

ane gak muluk2, cuman ngiler ngiler kapan bisa mbuntuti konsep innnih !!!!???!!!

Terima kasih gan atas ilmunya ...
Semoga dipermudahkan dalam pengurusannya .....

Maaf kang mau tanya ni, saya punya modif power400w tp saya ganti tr finalnya dengan jengkol malaysia 16bj,trafo 10A 32V, pakei speaker ACR 12"(12/40) kalo volume/bass besar suara selalu mbalik, suara speaker mati sebentar nyala lagi, yg nggak kuat apanya ya....

Rebi yanto@ itu bukan masalah kuat atau tdk kuat, tp masalah bias tr driver tdk stabil

Numpang tanya mas, satu set sound system' itu brp speaker mas ? Karakternya apa aja ? Tiap karakter suara membutuhkan brp speaker untuk suara yg ideal ?

mas saya punya powerr 400 wat dengan tr sanken 2sa1216 dan pasangannya, 4 set per mono jadi 8 set kanan kiri trafo yang cocok brapa amper dan brp volt?, dan spekernya yng hars saya pekek brp biji brp inch dan brp wat?

Dicky @ menurut saya tergantung selera masing", tp jika untuk hajatan kecil"an mngkin cukup dgn 2box subwoofer ( 1box 2spk 18" ), 2box 3way ( 1box isi 2spk low 15" + 4spk midle 6" atau 2spk midle 10" + 4driver hight ) itu swaranya udah cukup jleng.

mas tanya! hitung2an sederhananya kalo watt speaker tertulis 500watt, PA yg dibutuhkan 500/2*3=750wat. trafo jika pakai 10amp 750/10=75volt (ini ac ato dc?). dan kalo pakai TR final pakai toshiba seri 5200(150watt) = 750watt/150=5 set. benar gak mas hitung2an ini????

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More