flas script


DataSheet Transistor (Mosfet) FM Yang Sering Di Gunakkan

107.7 Mhz , Fruits FM

Di bawah ini merupakan kumpulan Link dataSheet transistor (Mosfet) FM yang sering di gunakkan untuk daya di bawah 100Watt. DataSheet ini berfungsi untuk mengetahui daya yang dapat di keluarkan plus komponen standar dari pabriknya. Berikut Link tersebut :


OSILASI PARASITIK PADA PEMANCAR FM

Dalam perakitan PEMANCAR FM atau rangkaian RF pada umumnya, efek dari kapasitansi dan induktansi tidak bisa samasekali diremehkan. Semakin tinggi frekuensi kerja, semakin signifikan pengaruh dari reaktansi kapasitif dan induktifnya.

Kawat sepanjang 5 cm mungkin tidak berefek pada rangkaian audio, tetapi pada rangkaian uhf, akan dapat menimbulkan efek yang serius, dengan kata lain reaktansi induktifnya berlipat-lipat besarnya.

Kapasitansi internal transistor dan induktansi kawat jumper ( misal jalur PCB yang panjang ) dapat menimbulkan Osilasi yang tidak diinginkan (Unwanted Oscillations). Osilasi liar ini terbentuk dalam konfigurasi Colpits atau Hartley. Biasanya Osilasi ini terjadi mulai kawasan VHF – UHF.

Untuk mengurangi Osilasi liar akibat terjadinya umpan-balik positif ini, maka bisa kita tambahkan resistor sekitar 10 Ohm, atau dengan dieksperimen. Cara lainya mungkin dengan menyelipkan Ferrite Bead pada kaki basis. Ferrite Bead ini akan menyerap /meredam energi osilasi parasitik dan menghilangkan Osilasi yang tidak dinginkan ini. Dalam kasus lain, bisa diatasi dengan menurunkan ”feedback fraction” Atau dengan menggeser/merubah besaran pergeseran fasa.

Dalam praktek perakitan PEMANCAR FM, tata-letak komponen, layout PCB, shielding, dan pengawatan harus betul-betul diperhatikan. Sebaiknya kita mengacu pada rakitan built-up jika memungkinkan, dan tentu saja jika hanya berpedoman skematik diagram tingkat keberhasilan dalam merakit pemancar FM tentulah sangat kecil.

Seringkali kita harus banyak memasang ferrite bead dan capacitor by-pass untuk mengurangi self osilasi ini. Pada desain RF , groundplane (bidang ground) sangat signifikan pengaruhnya. Gunakan PCB dari bahan Fiber dan double side jika memungkinkan.
SEMOGA BERMANFAAT...!!!

Referensi By : http://txfm.blogspot.com/2008/07/osilasi-parasitik-pada-pemancar-fm.html

Post Lainnya Tentang Pemancar FM 87.5 - 108Mhz :


Skema Booster FM 80Watt Menggunakan 2SC1946A+2SC2782

Di bawah ini merupakan skema Booster FM 80Watt Menggunakan 2SC1946A+2SC2782 dengan ukuran PCB 10cm X 20cm yang telah saya modifikasi dari product Aircom.

Memang gampang-gampang susah dalam membuat sebuah pemancar FM, karena banyak sekali gendalanya yang terkadang membuat kita bingung sendiri, saya mengalami kesulitan dalam memodifikasi boster ini, kesulitan itu sebagai berikut :
  • Exiter yang saya gunakan adalah Extra Lock 1 dari product Aircom (Ini tidak ada masalah)
  • Boster mengeluarkan Watt kecil (25 Watt) tapi 2SC2782-nya panas banget dengan ampere meter yang tinggi (sekitar 16 Ampere)
  • Dengan watt tersebut, jangkauannya sangat pendek (Tidak sampai 6 km)
  • Setelah setelah saya lakukan tuning lagi dan tuning lagi, akhirnya watt-nya bisa naik lumayan tinggi (60 Watt), tapi masih tetap tidak bisa mancar jauh (Tidak sampai 7 km) dengan kwalitas audio yang buruk.
Jadi buat teman2 yang mengalami hal yang sama, sebaiknya coba deh skema di bawah ini, selain jangkauannya lumayan jauh, kwalitas audio yang stabil, skema ini juga sudah saya uji coba On Air 24 Jam selama 1bulan dan masih tetep OK dengan antena 5/8 serta tinggi antena 18 meter plus kabel antena RG8 yang saya gunakan.

3Brothers Study

Klik Gambar Untuk Melihat Tampilan Yang Lebih Besar !


3Brothers Study


Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membuat boster FM :
  • Power Suply yang di lengkapi dengan Volt Meter dan Ampere Meter
  • Gunakan Domyload 50 Ohm 
  • SWR Standart , Misalnya Daiwa CN-801
Jika teman-teman ingin memodifikasi sendiri sebuah boster FM yang telah anda miliki, saya sangat merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan software FM Calculator

Post Lainnya Tentang Pemancar FM 87.5 - 108Mhz :

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More