flas script


Persiapan Belajar PHP dan MySql

Tidak dipungkiri bahwa saat ini Dunia internet dipenuhi oleh bermacam bahasa pemrogramam untuk membuat aplikasi web diantaranya Perl, PHP, Java, Ruby on rail dan lain sebagainya. salah satu diantaranya yang cukup terkenal dan banyak penggunanya adalah Bahasa Pemrograman PHP yang digabung dengan system database MySql dan Apache untuk Web Servernya. Tiga aplikasi diatas merupakan aplikasi Opensource yang bisa diperoleh secara gratis.

Dengan berbekal ketiga aplikasi diatas, seorang Programmer PHP bisa mendapatkan banyak keuntungan materi dengan menjual Aplikasi buatannya. Sebagian besar perguruan tinggi jurusan informatika memasukan PHP sebagai salah satu mata kuliah mereka dalam pemrograman Web.

Pada awalnya PHP diciptakan untuk menghitung dan memonitori pengunjung situs web oleh Rasmus Leardorf. Kemudian PHP semakin berkembang oleh sebuah komunitas Opensource . team ini membangun kembali PHP dari awal dengan menulis ulang program parser PHP, Kemudian terciptalah PHP 3.0 dengan pengunaan sistem database.

Salah satu alasan kenapa PHP bisa populer mungkin karena kemudahan dalam implementasi serta kemudahan dalam mempelajarinya, sehingga banyak sekali Programmer-programer otodidak yang memiliki kemampuan tidak kalah dibandingkan programer lulusan perguruan tinggi.

Cara Mudah Belajar PHP 

Bagi sebagian orang, belajar PHP itu bisa dibilang mudah dan bagi sebaian lain mungkin bisa dibilang susah, termasuk saya, tetapi pada dasarnya PHP bisa dipelajari dengan metodoldogi yang tepat dan sesuai dengan kemampuan serta daya serap otak anda. bagi saya yang mungkin cukup lambat dalam menyerap pemahaman bahasa pemrograman PHP maka kiat-kiat dibawah ini sangatlah banyak membantu saya, dan mungkin berbeda bagi anda yang memiliki kemampuan yang lebih cepat.
  1. Mempelajari HTML & CSS dasar. 
  2.  Mempelajari Syntax dasar PHP. 
  3. Mempelajari fungsi dasar PHP. 
  4. Melatih kemampuan dalam penulisan syntax dan fungsi dasar php. 
  5. Setelah mulai faham dan hafal banyak fungsi dasar, mulai membuat aplikasi sederhana secara berulang-ulang sampai hapal diluar kepala, semisal membuat aplikasi buku tamu atau data karyawan yang memiliki konsep : Input data -> tampil Data -> edit data -> hapus data -> cari data -> dan pagination. 
  6. Setelah kemampuan bertambah kita bisa meningkatkan dengan menambahkan fitur security serta validasi terhadap aplikasi kita. 
  7. Terakhir membuat aplikasi yang lengkap dan kompleks seperti CMS/Blog System atau System Informasi. 
  8. Kemampuan kita akan menjadi lebih baik jika kita menguasai Framework PHP semisal, Cake PHP, Code Igniter, Panada Framework, Symfony dan lain sebagainya sebagai alat bantu untuk mempercepat kerja kita.

Materi Pembelajaran 

karena bersifat gratis maka banyak juga tutorial serta materi latihan yang bersifat gratis tersedia di Internet. untuk manual bisa mendownload di PHP.net, untuk belajar online kita bisa belajar di w3schools.com dan beberapa link lokal juga banyak yang menyediakan materi tutorial berbahasa Indonesia seperti : Achmatim.net, blog.rosihanari.net, http://www.dhimasronggobramantyo.com dan ilmukomputer.com.

Aplikasi Bantu – Editor 

Untuk aplikasi editornya kita bisa menggunakan banyak aplikasi gratis yang bagus.

Linux :
  1. Bluefish 
  2. Gedit 
  3. gPHP 
  4. geany 
  5. Eclipse dll
Windows :
  1. Notepad 
  2. Notepad++ 
  3. Geany 
  4. Dev PHP 
  5. PHP desainer free edition 
  6. Eclipse Helios / PDT 
  7. Aptana 
  8. Netbeans dll
sedangkan untuk local Web servernya bisa menggunakan
Linux : XAMPP atau aplikasi bawaan (Apache, PHP dan Mysql)

Windows :
  1. Wamp 
  2. Xampp 
  3. PHPTriad 
  4. Appserv 
  5. Easyphp Dll
Dengan segudang kemudahan serta fasilitas yang banyak mendukung diharapkan bagi siapapun yang mau mempelajari bahasa ini bisa dengan mudah mempelajarinya.
Salam dan selamat berkarya.

Tentang Website : 
Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


The Miracle of Giving - Program Investasi Sedekah

Assalamu Alaikum Wr.Wb
Halo, apakabarnya anda hari, mudah-mudahan sehat selalu ya.... Kali ini saya akan berbagi tip sekaligus memperkenalkan sebuah program yang menarik, dimana anda dapat membuktikan bahwa sedekah itu banyak manfaatnya, bukan mengurangi harta kita, namun justru sebaliknya, dengan sedekah maka harta anda akan di lipat gandakan oleh Allah SWT, Aminnn...

Program ini di beri nama oleh penciptanya yaitu  Ustadz Yusuf Mansur (Program Untuk Ummat ) dengan nama " Program Investasi Sedekah (PIS)" . Program ini bertujuan untuk memberikan kesejahteraan kepada umat manusia melalui sedekah. Jika anda mengamalkan program ini dengan jujur dan bersungguh-sungguh, Insya Allah dalam waktu singkat anda akan menjadi orang yang sangat sejahtera. Percaya atau tidak, inilah sebuah kenyataan dan keajaiban sedekah. Tentunya kita semua ingin kaya, ingin sukses, ingin punya mobil dan rumah mewah, ingin punya uang banyak!!! Selama ini, diakhir do’a kita sering memohon dan meminta kepada Allah SWT untuk diberi kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, maka yang kita lakukan adalah beribadah, berusaha dan berdo’a serta mengeluarkan sedekah.

Program ini bisa dijalankan oleh siapa saja,baik muslim maupun non-muslim. Program Investasi Sedekah ini BUKAN PENIPUAN (KRIMINALITAS) dan BUKAN REKAYASA, karena di dalam program ini tidak ada unsur paksaan, tidak ada unsur hipnotis, tidak ada maksud-maksud tertentu. Semua dilakukan atas dasar kesadaran sendiri dengan ikhlas, ibadah, membantu sesama makhluk ciptaan Allah tanpa melihat status sosial. Silahkan anda analisa atau teliti dari segala aspek, tidak ada masalah di dalamnya, tidak ada titik jenuh (stagnant point), tidak ada satu pihak pun yang mengeruk keuntungan sendiri. Semua berjalan sewajarnya, etis dan sangat realistis. Jadi terserah pada diri anda, mau ikut menjalankan program ini atau tidak, uang yang anda terima dari Program Investasi Sedekah ini HALAL, karena tidak menipu dan tidak merugikan orang lain. program ini murni sedekah yang diberikan dengan ikhlas, bukan money game (permainan uang) dan tidak ada penjualan produk sama sekali.

Program ini di rancang, salah satunya merupakan jalan bagi anda untuk saling membantu dan saya pribadi tidak mengharap imbalan dari anda dalam program ini, nanti Allah yang membalasnya. Ketika anda memutuskan untuk menjalankan Program Investasi Sedekah ini, anda tidak perlu banyak berpikir dan khawatir seandainya orang lain tidak mau ikut menjalankannya. Dan jangan perdulikan dengan orang-orang yang mencibir anda karena anda sendirilah yang menentukan cita-cita anda, jadi kalau anda merasa yakin program ini adalah jalan bagi anda untuk mendapatkan keajaiban dari Allah, lakukan saja (just do it). Selanjutnya kencangkan ibadah anda mulai sekarang, banyak berdo’a dan berserah diri kepada Allah. Tanamkan niat yang lurus Lillahi Ta’ala, memberi sedekah dengan tulus ikhlas pada saudara kita yang membutuhkan bantuan agar sedekah kita memberi berkah pada orang yang menerimanya. Jangan memberi sedekah karena ingin menerima sedekah, tapi niatkan memberi dengan ikhlas karena Allah, karena semua berawal dari Niat, Insya Allah, Tuhan akan melipat gandakan amal kita dan menggantikan harta yang telah kita sumbangkan dengan berlipat ganda.

Pepatah bijak mengatakan

“lebih baik 1 kali melakukan tindakan dari pada 1000 kali berpikir tanpa bertindak”!!! karena berpikir tanpa melakukan tindakan, tidak akan merubah nasib anda.

Dan ingat!!! “Jangan melakukan sesuatu jika tidak ikhlas karena tidak akan bermanfaat bagi orang lain lebih-lebih pada diri kita sendiri”

Selamat menjalankan Program Investasi Sedekah ini !!!
Silahkan download filenya untuk di pelajari dan jalankan dengan JUJUR dan IKHLAS !

Download
( 140kb-pdf )
5 Testimonial ( Kisah Nyata )
Dari Rachman Silalahi, Jakarta Selatan
Terimakasih kepada saudara yang telah mengirimkan program ini kepada saya, meskipun saya sebelumnya takut dan tidak mempercayainya. Hal ini karena saya sama sekali tidak mengenal saudara. Namun saya diyakinkan oleh sahabat saya yang ternyata secara diam-diam mengikuti program ini. Sahabat saya menyakinkan saya “kalo toh penipuan apalah arti uang Rp. 80.000,- dan ditambah biaya fotocopy, amplop dan perangko yang paling habis Rp. 100.000,- tapi bila akan merubah nasib kau”, kata sahabat saya.

Setelah saya mengikuti program ini barulah sahabat saya dengan rendah hati memperlihatkan uangnya yang menurut saya sangat banyak Rp. 450.000.000,- dan dia mengatakan bahwa jumlah ini akan bertambah terus setiap harinya. Sekitar 2,5 bulan kemudian saya setelah mengikutu program ini saya mencoba melihat rekening Bank saya.

Alhamdulillah saat surat ini saya tulis jumlahnya sudah Rp. 375.853.250,- (Rp. 853.250,- adalah saldo awal rekening saya) dan hampir setiap hari meningkat terus. Jadi kepada teman-teman sekalipun tidak saling kenal, jangan ragu untuk ikut, yang penting jujur dan percaya, supaya uang yang akan kita terima ini betul-betul halal dan tidak merugikan orang lain, tetapi membawa keberuntungan dan kesuksesan kepada kita semua.
 _
Dari Bapak Indarjo Kusuma, Cikarang, Jawa Barat
Saya mendapat fotocopy program ini di atas mesin BCA ketika saya mau mengambil uang gaji. Waktu pertama saya baca, saya tidak merasa yakin, sampai beberapa hari saya biarkan fotocopy ini di atas meja, tetapi seringkali mengganggu pikiran saya kemudian akhirnya saya iseng-iseng mencoba mengikuti program ini dengan mentranfer ke empat nomor rekening yang ada masing-masing Rp. 20.000,- kemudian saya tempelkan pada KOLOM BUKTI TRANSFER dan memfotocopynya sekitar 50 rangkap. Lalu sya edarkan program ini kepada saudara dan teman2 saya dan sisanya saya taruh di atas mesin ATM.

Bulan berikutnya saya ke ATM untuk mentransfer cicilan kartu kredit, sepeda motor, telepon, dll. Saya tidak mengecek saldo yang tersisa pada waktu itu. Begitu selesai langsung saya ambil kartu ATM nya. Mendekati akhir bulan, saya sudah tidak ada uang, saya akan mengambil uang di ATM, menurut perkiraan saya saldo saya sekarang sekitar Rp. 120.000,- dan ketika saya mengecek saldo dan sungguh mengejutkan dan hampir tidak percaya, saya lihat saldo saya Rp. 353.550.500,-, seketika badan saya gemetaran, panas dingin seperti kesemutan dan tidak percaya dengan penglihatan saya, yang selam ini uang di ATM saya tidak lebih dari Rp. 5.000.000,- tetapi sekarang ada ratusan juta rupiah.

Sampai saat ini saya selalu terharu dan bersyukur kepada Tuhan, betapa hebatnya KEAJAIBAN SEDEKAH. Saya sekarang dapat membeli rumah type 70 real estate, dan tidak lagi mengontrak rumah di gang sempit dibilangan Sukaresmi Cikarang. Jadi kepada anda yang masih ragu, jangan pikirkan, ikuti langkah saya toh hanya Rp. 80.000,-. Kuncinya lakukan dengan jujur dan dan percaya walaupun kita tidak mengenal mereka. Terima kasih kepada orang yang telah mengenalkan program ini kepada saya, semoga Tuhan membalas kebaikan anda.
 _
Dari Tan Hui Khong, Pemangkal, Kalimantan Barat 
Saya berterimakasih kepada kakak ipar saya yang berada di Pamedangan, Jakarta Utara. Sewaktu saya ke Jakarta saat Bengceng (semboyan leluhur), saya diberi tahu program perencana keuangan ini. Semula saya sangat ragu sekali., dan menurut saya kurang masuk logika, apalagi masalah perbankan di daerah kami tinggal sangat terbatas.

Tetapi faktor kemiskinan dan bosan hidup susah selama bertahun-tahun, ditambah keyakinan dari ipar, saya dan istri saya nekat menjual cincin kami satu-satunya untuk mengikuti program ini. Dan biarlah jika program ini bohong, kami anggap aja nasib sial. Kemudian saya mentranfer ke 4 nama dalam progam ini masing2 Rp.20.000,- dan memperbanyak brosur ini sekitar 300 bundel.

Saya sebarkan dari kota Pontianak sampai Sambas. Selang 1 bulan kemudian saya nyaris tak percaya saat mengecek ATM saya terlihat saldo sebesar Rp. 315.365.000,- istri saya langsung pingsan tidak sadarkan diri setelah saya beritahu. Kami sekeluarga langsung menjadi buah bibir di kota kami dan menyebut kami orang kaya baru. Saya sudah dapat membeli 1 unit ruko, 1 unit mobil dan 2 sepeda motor. Kepada saudara2 yang masih ragu, ayo coba program ini. Ini tidak bohong. Terimakasih sekali lagi kepada Tuhan yang telah memberi rizki besar ini melalui perantara program investasi ini.
 _
Dari Hj. Sumardiah, Sumatra Utara.
Saya janda 6 orang anak yang ditinggal mati suami pada saat mencari ikan di sekitar pulau Sabang, Aceh. Suami saya seorang juragan kapal ikan. Naas pada saat tsunami di Aceh, beliau menjadi korban. Dengan sisa harta yang ditinggalkan, saya menghidupi anak2. Saya tidak dapat meneruskan usaha suami, karena saya tidak berpengalaman dan sikap masa bodoh yang tidak pernah membantu suami semasa hidup. Sehingga saya mengalami kesulitan serta ditipu oleh saingan bisnis.

Akhirnya setelah enam bulan sejak suami saya meninggal, keadaan berubah drastis. Dari keluarga berada menjadi keluarga miskin, usaha bangkrut total, rumah disita bank, dll. Saya nyaris gila dan berulang kali mencoba bunuh diri. Anak2 tidak sekolah lagi dan semua saudara menjauh dari kami. Sampai akhirnya saya bertemu seorang bapak2 yang tidak saya kenal memberikan fotocopy program investasi ini. Bapak itu hanya menganjurkan mencoba dan jangan ragu untuk merubah nasibsaya.

Dengan sangat terpaksa saya meminjam uang kepada rentenir dan mulailah saya membuka rekening BCA dan mentranfer 4 nama sesuai petunjuk masing2 Rp.20.000,-. Sekitar 2 minggu kemudian saya mengecek ATM saya ditemani anak sulung sya dan melihat saldo Rp. 8.900.000,-. Saya menangis sejadi-jadinya. Uang segitu sangat besar untuk saya pada waktu itu. 2 minggu kemudian lagi saya mengecek ke ATM. Subhanallah... saldo saya sekarang Rp. 283.540.000,-. Saya menyarankan dan menghimbau bagi saudara2 seiman, jangan ragu2 untuk mengikuti program ini, karena bisnis ini halal dan tidak menipu orang.
 _
Dari Edward Tanasolo, Mahasiswa Universitas Pattimura Ambon, Maluku
Secara logika mahasiswa saat membaca brosur ini, saya sangat tidak yakin dan secara akal sehat mengatakan tidak masuk logika dan jelas2 ini penipuan, bohong besar. Saya buang brosur ini. Selang beberapa minggu, saya mendapatkan brosur ini lagi di angkot jurusan Batu Merah. Akhirnya saya penasaran dan mencoba karena tuntutan uang kuliah, pas sekali saya telah memiliki ATM, segera saya edarkan keteman2.

Satu bulan kemudian saya cek saldo ATM saya, saya pesimis karena hanya mendapat Rp. 680.000,-, harapan jutaan rupiah jauh dari angan2. Saya merenung dan membaca brosur ini lagi, disana dikatakan harus sabar dan terus menyebarkan. Kemudian saya fotocopy kembali dan membagikan ke semua orang. Setelah satu bulan kemudia, Puji Tuhan, saldo saya Rp. 72.000.000,-. Hebat luar biasa. Saya perlihatkan buku tabungan saya ke rekan2 kuliah, mereka sekarang baru percaya dan berebut untuk ikut program investasi ini. Kepada rekan2 jangan ragu mencoba, ini peluang luar biasa. God Bless untuk anda, Tuhan memberkati saudara.
_

7 Langkah yang anda perlukan untuk mengikuti program investasi sedekah ini.

Tips 1 Atau Langkah Pertama 
Harus memiliki rekening tabungan dan kartu ATMbank apa saja,jika anda belum punya segeralah membuka tabungan bank dan kartu ATMnya. Transfer dengan ATM adalah syarat dalam bergabung di program ini.
Tips 2 Atau Langkah kedua 
Setelah anda membuka tabungan, sehari kemudian anda sudah dapat bertransaksi menggunakan ATM, kemudian transferkan uang ke4 (empat) nomor rekening yang tertulis di halaman KOLOM INVESTOR BARU, masing-masing Rp.20.000,- sehingga total seluruhnya berjumlah Rp.80.000,- lalu simpan 4lembar slip bukti transfernya.
Tips 3 Atau Langkah ketiga
Perhatikan, anda sudah di sediakan satu halaman kosong (di lembaran terakhir), KOLOM BUKTI TRANSFER dan KOLOM INVESTOR BARU.
Tips 4 Atau Langkah keempat
Ambil satu halaman kosong yang kami sediakan.
Pada KOLOM BUKTI TRANSFER rekatkan slip/bukti transfer anda dengan urutan sebagai berikut:
  • Rekatkan bukti transfer peserta IV di kiri atas (Sangat Sejahtera) 
  • Rekatkan bukti transfer peserta III di kanan atas (Sejahtera) 
  • Rekatkan bukti transfer peserta II di kiri bawah (Cukup Sejahtera) 
  • Rekatkan bukti transfer peserta I di kanan bawah (Pra Sejahtera). 
Pada KOLOM INVESTOR BARU kosong:
  • Keluarkan peserta IV (Sangat Sejahtera) dari kolom. 
  • Tulis dan pindahkan data peserta III Kolom bukti transfer menjadi peserta IV. 
  • Tulis dan pindahkan data peserta II Kolom bukti transfer menjadi peserta III. 
  • Tulis dan pindahkan data peserta I Kolom bukti transfer menjadi peserta II. 
  • Tulis nama dan rekening anda menjadi peserta I (anggota baru). Gunakan huruf balok (huruf besar) dan pastikan tulisan anda mudah di baca dengan jelas.
Sabar dan jangan sekali-kali menipu dengan meletakkan nama anda pada urutan yang tidak sesuai dengan hak anda. Ingatlah, peserta lain akan mengetahui segala kecurangan. Dengan berlaku jujur semoga Allah SWT memberi kelapangan rezeki dan memuluskan cita-cita anda, Amin...

Tips 5 Atau Langkah kelima
Sekarang anda sudah memiliki selebaran baru yang terdiri dari:
  • Halaman sampul. 
  • Kisah nyata/kesaksian/Testimonial. 
  • Penjelasan Program. 
  • 1 lembar halaman KOLOM BUKTI TRANSFER & KOLOM INVESTOR BARU (yang sudah terisi data anda sebagai peserta 1). 
  • 1 lembar halaman KOLOM BUKTI TRANSFER & KOLOM INVESTOR BARU (yang belum terisi data dan akan di isi oleh peserta berikutnya). 
  • Kemudian semuanya di satukan (di steples), lalu di FotoCopy seperti selebaran yang anda terima saat ini minimal 100 set (semakin banyak anda FotoCopy, insya Allah semakin besar total uang yang akan anda terima).
Tips 6 Atau Langkah keenam. 
Sebarkan FotoCopy selebaran tersebut kepada minimal 100 orang dimana saja di seluruh Indonesia, paling lambat dalam 1 minggu harus sudah tersebar semuanya, anda bisa berikan kepada saudara, sanak family, teman, kenalan, dan semua orang yang anda inginkan hidupnya bahagia.

Tips 7 Atau Langkah ketujuh. 
Bisa juga FotoCopy selebaran ini anda kirimkan via pos, fax, atau di letakkan di tempat-tempat umum seperti ATM, mall/Shoping Center, cafe, internet, sekolah, masjid, kantor anda sendiri, rumah sakit, terminal, angkutan umum, perumahan, tempat wisata dll.

     Tugas anda selesai sampai disini dalam program investasi ini. Kerjakan pekerjaan rutin anda sehari-hari sebelumnya seperti biasa, misalnya sebagai pegawai negeri / swasta, mahasiswa, manager, direktur, dokter, wiraniaga, peneliti, aktifis LSM, parpol, anggota TNI/polisi dll. Empat minggu kemudian cobalah cek saldo anda di ATM, insya Allah akan bertambah terus. Amin...
SELAMAT MENCOBA program yang satu ini !!!

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


7 Rahasia CSS Yang wajib diketahui

CSS pasti sudah menjadi hal yang wajib dipelajari jika anda ingin membuat website. Meneruskan artikel saya yang lalu tentang dasar-dasar CSS, sekarang saya akan memberitahu rahasia CSS yang mungkin belum anda ketahui dan wajib diketahui, karena dapat memperkecil ukuran file CSS anda. Inilah dia rahasia CSS yang (mungkin) belum anda ketahui:

1. Memasang 2 class pada 1 tag HTML 
Hei, apa anda tau bahwa kita bisa memasang 2 class untuk satu tag HTML? Jawabannya bisa.. Jika kita biasanya hanya membuat kode seperti ini:

<p class="content">

Maka jika kita ingin bahwa <p> mengikuti dua aturan class yang berbeda maka kita cukup mengubahnya menjadi:

<p class="content isi">  

Jadi jika anda memiliki class content dan isi maka kedua aturan pada class tersebut akan dimasukkan kedalam <p>. Ingat hanya 2 tidak bisa lebih dan dipisahkan dengan spasi.

2. Hilangkan px untuk nilai 0 
 Oke, katakanlah anda memiliki kode CSS seperti ini: .

.box {
border-top:10px;
border-left:0px;
padding:0px;
}

px disini berarti satuannya pixel dan kita harus menuliskannya, tetapi ternyata ada pengecualian untuk angka 0 (angka 0 saja) jadi kita bisa menuliskannya seperti ini:

.box {
border-top:10px;
border-left:0;
padding:0;
}


Ya, angka 0 tidak perlu menggunakan px, ini berarti kita memperkecil sedikit ukuran file CSS kita.

3. Gunakanlah selalu shorthand 
Apa sih shorthand? Shorthand merupakan aturan di CSS untuk menyingkat kode CSS anda. margin, dan padding merupakan contoh yang bisa kita singkat. Perhatikan contoh CSS berikut ini:

.box {
border-top:10px;
border-left:0;
border-right:20px;
border-bottom:15px;
padding-top:0;
padding-bottom:10px;
padding-left:12px;
padding-right:9px;
}


Dapat anda singkat menjadi:

.box {
border:10px 20px 15px 0;
padding:0 9px 10px 12px;
}


Lihat berapa banyak yang bisa kita hemat yang paling penting adalah urutannya dari kiri ke kanan dimulai dari posisi atas kemudian bergerak searah jarum jam.

4. Shorthand pada warna 
Yap, warna pun bisa kita singkat, jika kita memiliki warna putih maka kita menggunakan #ffffff bisa disingkat menjadi #fff . Demikian juga jika kita memiliki warna #111111 menjadi  #111. Tapi kita tidak bisa menyingkat warna  #abcdef . Harus warna yang memiliki angka hexa yang sama.

5. Shorthand pada font 
Siapa bilang font tidak bisa disingkat? Jika anda memiliki kode seperti ini:

.box {
font-style: italic;
font-weight: bold;
font-variant: small-caps;
font-size: 1em;
line-height: 1.5em;
font-family: verdana,sans-serif;
}


Dapat anda singkat menjadi 1 baris: font: bold italic small-caps 1em/1.5em verdana,sans-serif
Perlu diingat bahwa untuk menyingkat font anda wajib mengatur font-size dan font-family yang diletakkan paling akhir. Untuk yang lainnya tidak wajib ada.

6. Menyingkat yang sudah disingkat 
Kita bisa menyingkat yang sudah disingkat. Sudah singkat tapi masih bisa disingkat lagi? Nggak masuk akal.. Tapi bisa. Perhatikan contoh berikut ini:

.box {
border-top:10px;
border-left:20px;
border-right:20px;
border-bottom:10px;
padding-top:0;
padding-bottom:0;
padding-left:15px;
padding-right:15px;
}


Oke, jika kode diatas disingkat maka hasilnya seperti ini:

.box {
border:10px 20px 10px 20px;
padding:0 15px 0 15px;
}


Dan karena nilai atas dan bawah serta kiri dan kanan nya sama. Maka bisa disingkat lagi menjadi:

.box {
border:10px 20px;
padding:0 15px;
}


Sip kan.. Ingat ini hanya berlaku jika nilai atas dan bawah serta kiri dan kanan sama.

7. Menengahkan objek 
Anda ingin menengahkan suatu objek, misal images atau div. Gampang gunakan saja auto pada margin. Perhatikan contoh berikut ini:

#content
{
width: 600px;
margin: 0 auto;
}


Auto disini berarti kita membiarkan CSS mendeteksi lebar kiri dan kanan secara otomatis berdasarkan lebar layar. Maka otomatis hasilnya akan ketengah. Tidak berlaku jika kita ingin menengahkan secara vertikal. Bagaimana menarik bukan? itu baru sebagian kecil, dan masih banyak lagi rahasia dan trik CSS yang perlu diketahui.Selamat Mencoba !

Tentang Website : 
Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Merubah tampilan website dengan CSS

Bayangkan jika anda memiliki website dengan 100 halaman atau lebih. Bayangkan apabila anda ingin mengganti jenis huruf dari tiap website. Hal tersebut tentu saja sangat membuang waktu, tetapi jika anda menggunakan CSS untuk mendesain tampilan web, maka hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Pertama-tama kita kenalan dulu dengan CSS. CSS merupakan kependekan dari Cascading Style Sheet yang memungkinkan kita untuk mendesain (style) tampilan dokumen (terutama HTML) dengan memisahkan isi dari dokumen HTML dengan kode untuk menampilkannya (CSS). Jika kita memiliki banyak file HTML, kita hanya perlu satu file CSS, sehingga ketika kita mengganti jenis huruf pada file CSS maka semua file HTML yang berhubungan pada file CSS tersebut akan berubah. CSS distandarisasi oleh W3C (World Wide Web Consortium). CSS dapat dipasang pada dikumen HTML yang telah jadi.

Memasang CSS 

Ada 3 cara untuk memasang CSS pada dokumen HTML yaitu: External Style Sheet (file CSS berbeda dari file HTML), Internal Style Sheet (Kode CSS dipasang di dalam tag head HTML) dan Inline Style Sheet (Kode CSS langsung dipasang di tag HTML, tidak direkomendasikan). Saya sarankan anda menggunakan cara External Style Sheet karena lebih mudah dalam mengelolanya. Disini saya akan menerangkan dasar-dasar CSS. Langsung saja kita coba kode berikut ini:

Tanpa CSS:

<html>
<head>
<title>Belajar CSS</title>
</head>
<body>
<h1><font face="Verdana">Belajar CSS</font></h1>
</body>
</html>

Jika kita menggunakan Internal CSS, maka kodenya akan menjadi:

<html>
<head>
<title>Belajar CSS</title>
<style type="text/css">
h1 { font-family: verdana; }
</style>
</head>
<body>
<h1>Belajar CSS</h1>
</body>
</html>


Jika kita menggunakan teknik external CSS, maka kita perlu membuat file css, misal buat file dan simpan dengan nama style.css dan isikan kode berikut:

h1 { font-family: verdana; } 

Sekarang untuk kode HTML tulislah kode berikut ini dan simpan dengan nama test.html:

<html>
<head>
<title>Belajar CSS</title>
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">
</head>
<body>
<h1>Belajar CSS</h1>
</body>
</html>


Didalam HTML kita perlu memanggil file CSS dengan menggunakan tag <link> yang diletakkan diantara tag <head>. Pada contoh CSS selanjutnya kita menggunakan teknik external CSS, jadi gunakan saja file style.css dan coba.html anda hanya perlu mengubah isinya. Untuk file HTML anda gunakan coba.html dan ubah isinya pada bagian <body> saja bagian yang didalam <head>  tidak usah diapa-apakan.

Apapun yang terjadi, berusahalah untuk selalu menggunakan External CSS dengan memisahkan file CSS dengan file HTML nya.

CSS terdiri dari dua bagian utama yaitu: selector, dalam hal ini H1 dan deklarasi yang berada diantara kurung kurawal  {font-family: verdana}. Didalam deklarasi juga terbagi menjadi dua bagian yaitu property dalam hal ini font-family dan value dalam hal ini verdana. Dalam contoh diatas hanya mengubah sebuah tag yaitu tag <h1>menjadi teks dimana jenis hurufnya menjadi verdana. Kita dapat mengkombinasikan berbagai macam style menjadi satu. Kita akan segera mempelajarinya.

Sekarang kita coba mengkombinasikan banyak style. Cobalah kode CSS berikut ini dan simpan dengan nama style.css:

.title {
    font-size: 13px;
    color: #6095d0;
    font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;
    font-weight:bold;
}
.thank {
    font-size: 11px;
    color: #000000;
    font-family: Georgia, "Times New Roman", Times, serif;
}p {
    font-size: 12px;
    color: #000000;
    font-family: verdana;
}


Sekarang tulis kode HTML ini dan simpan dengan nama test.html:

<html>
<head>
<title>Belajar CSS</title>
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">
</head>
<body>
<font class="title">Halo dunia</font>
<p>Saya mau belajar CSS, ini kode CSS saya yang pertama</p>
<font class="thank">Terimakasih</font>
</body>
</html>


Hasil :

Halo dunia
Saya mau belajar CSS, ini kode CSS saya yang pertama
Terimakasih

Untuk memanggil CSS dalam tag HTML kita perlu menggunakan atribut class untuk memanggil CSS selector (dalam contoh diatas selectornya title dan thank). Dengan demikian apabila semua halaman anda memanggil class title, dan jika anda ingin mengganti font untuk semua halaman anda cukup mengubah selector CSSnya saja. Bagaimana anda sudah paham kegunaan CSS.

CSS memiliki ratusan properties dan values, tentu saja saya tidak akan menerangkan semuanya, saya hanya akan menerangkan yang penting-penting saja.

Tidak semua browser dapat menampilkan jenis huruf yang kita spesifikasikan didalam CSS. Untuk itu kita perlu mendeklarasikan lebih dari satu jenis huruf agar browser mengenal jenis huruf yang digunakan. Anda dapat menggunakan property font-family, yang mirip dengan tag <font>. Sebagai contoh anda ingin menampilkan dari keluarga huruf Serif dan hurufnya Times yaitu Times New Roman. Anda dapat menuliskannya dari yang paling spesifik sampai yang umum, sehingga jika browser tidak mengenal fontnya, maka browser akan otomatis melihat font yang umum. Untuk lebih jelasnya lihat kode berikut:

<h1 style="font-family: 'Times New Roman', Times, serif">Serif
font</h1>

Jika anda ingin menampilkan jenis huruf sans-serif gunakan kode berikut:

body {Arial, Verdana, Geneva, Helvetica, sans-serif}

Jika ingin menggunakan jenis huruf serif, gunakan kode berikut:

body {Times New Roman, Times, Georgia, serif}

Untuk jenis huruf untuk kode program dapat anda gunakan kode berikut:

body {Courier New, Courier, monospace}

Scrollbar 
Dengan menggunakan CSS anda juga dapat mengubah warna pada scrollbar yang terdapat dikanan browser. CSS memiliki 8 properties untuk mengubah warna pada scrollbar yaitu:
scrollbar-arrow-color, scrollbar-basecolor, scrollbar-face-color, scrollbar-shadow-color, scrollbar-darkshadow-color, scrollbar-3dlight-color, scrollbar-highlight-color dan scrollbartrack-color.

Properties-properties ini mengatur warna untuk setiap bagian dari scrollbar.
Coba kode berikut ini:

body {
scrollbar-face-color: #ffffff;
scrollbar-highlight-color: #8b98b7;
scrollbar-shadow-color: #8b98b7;
scrollbar-3dlight-color: #8b98b7;
scrollbar-arrow-color: #8b98b7;
scrollbar-track-color: #ffffff;
scrollbar-darkshadow-color: #8b98b7;
scrollbar-base-color: #ffffff;
}


Link 
Salah satu hal yang menarik dalam CSS anda dapat mengubah warna pada setiap link, menghilangkan garis bawah pada link sehingga jika anda bosan dengan link yang berwarna biru tua terang dengan garis bawah anda dapat mengubahnya. Coba kode CSS berikut:

a.link1:link {
font-weight: bold;
font-size: 12px;
color: #C87C28;
font-family: Times New Roman;
text-decoration: none;
}
a.link1:visited {
font-weight: bold;
font-size: 12px;
color: #CC6600;
font-family: Times New Roman;
text-decoration: none;
}
a.link1:hover {
font-weight: bold;
font-size: 12px;
color: #C87C28;
font-family: Times New Roman;
text-decoration: underline
}
a.link1:active {
font-weight: bold;
font-size: 12px;
color: #C87C28;
font-family: Times New Roman;
text-decoration: none;
}
a.link2:link {
font-weight: bold;
font-size: 12px;
color: #663300;
font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;
text-decoration: underline;
}
a.link2:visited {
font-weight: bold;
font-size: 12px;
color: #800000;
font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;
text-decoration: none;
}
a.link2:hover {
font-weight: bold;
font-size: 12px;
color: #ff6600;
font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;
text-decoration: underline overline;
}
a.link2:active {
font-weight: bold;
font-size: 12px;
color: #ff6600;
font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;
text-decoration: underline;
}


Sekarang untuk kode HTML nya cobalah seperti ini:

Kunjungi <a href="http://fungsi-media-internet.blogspot.com"
class="link1">
3Brothers Study</a> atau
<a href="http://www.google.com" class="link2">google.com </a>

Maka akan menghasilkan:

Kunjungi 3Brothers Study atau google.com

Pada umumnya warna link untuk halaman web yang telah dikunjungi berbeda dengan yang belum dikunjungi. CSS dapat membedakannya dengan yang disebut pseudo-class ':link', ':hover', ':active' dan ':visited' untuk membedakannya:
  • :link pseudo-class merupakan link yang belum dikunjungi. 
  • :visited pseudo-class merupakan link yang telah dikunjungi. 
  • :hover pseudo-class applies merupakan link apabila pointer mouse melewati sebuah link.
Itulah semua dasar CSS, semakin dalam anda mempelajari CSS maka anda akan menemukan hal-hal menarik lainnya. Selamat mencoba.

4 Browser utama Internet Explorer, Firefox, Safari dan Opera memiliki cara sendiri dalam merepresentasikan CSS. Karena itu pastikan tampilan CSS website anda terlihat sama disemua browser tersebut. Bahkan antara IE 5, 6 dan 7 sudah berbeda-beda. Jadi tantangan bagi anda adalah membuat halaman website anda tampak sama disemua browser tanpa terkecuali.

Tentang Website :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Selamat Tahun Baru 2013

Ucapan Selamat Tahun Baru 2013, Wahhh..., memang tidak terasa ya, penghujung akhir tahun sudah mulai dekat, tinggal beberapa hari lagi nhi.... Tahun kini berganti menjadi tahun yang baru, hati yang lama kita tanggalkan dan digantikan dengan hati yang baru, lembaran kehidupan yang baru kita dimulai diawal tahun 2013 ini. Itulah sepenggal ucapan selamat tahun baru 2013nya, dan banyak lagi yang bisa sobat dapatkan di artikel kami ini. Kami telah menyaring dari berbagai situs dan memilih kata kata yang sangat keren. Namun berikut ini kami bukan hanya memberikan 1 potong saja, melainkan banyak, yah, inilah ucapan selamat tahun baru 2013 nya, semoga bermanfaat.

 Ucapan Selamat Tahun Baru 2013
Dengan tulus kami sekeluarga ucapkan selamat tahun baru 2013
Sukses selalu menyertaimu
Dan sampai jumpa di tahun 2013

Selamat tahun baru 2013
Semoga selalu dapat temen baru
Rejeki baru
Tapi bukan istri dan pacar baru!

Keluar dari mobil setelah di parkir
Melihat gadis cantik sekali
Hepi new year
Oh kekasih hati!

Matahari menyelinap dibalik bukit,
sembunyikan kenangan hidup,
menyimpan lembaran usang, menyambut hari-hari muda,
sebentar lagi ‘kan menjelang.
Selamat datang sms tahun baru 2013,
harapan baru dan perubahan.

Masa lalu adalah sejarah,
hari ini adalah goresan,
hari esok adalah harapan.
Selamat datang sms tahun baru 2013.
Seiring dengan perginya kenangan, menyambut harapan.
Selamat tinggal kenangan, selamat datang harapan.

Malam ini ‘kan berlalu,
minggu ini ‘kan beranjak,
bulan ini akan pergi,
tahun ini ‘kan meninggalkan.
Sejarah kehidupan, catatan suka dan duka,
menyongsong tahun baru.
Selamat tahun baru 2013.
Semoga selalu jaya dan sejahtera.

Jalan-jalan naik pedati
Menikmati pemandangan nan indah
Tidak terasa tahun kan berganti
Semoga saja tahun nan indah
Sukses selalu di tahun 2013 nanti!

Makan tomat bareng kangguru
Ada Ikan beku di peti es
SELAMAT TAHUN BARU!
Semoga selalu sukses

Minum kopi di cangkir
Cangkirnya berwarna putih
HEPI New YEaR
wahai kekasih

Waktu terus berlalu, lembaran demi lembaran telah dilalui.
Coretan demi coretan telah memenuhi,
kadang tak berarti,
kadang tanpa makna,
atau hanya sedikit makna.
Semoga di tahun ini setiap lembaran memiliki makna,
Setiap lembaran bermanfaat.
Selamat tahun baru 2013.
Semoga lebih sukses dan semangat.

Hari berganti
Bulan berganti
Tahun pun berganti
Tahun baru harapan baru
Tetap semangat
Masa lalu adalah kenangan
Hari ini adalah goresan
Hari esok adalah harapan
Selamat tahun baru 2013
Selamat tinggal kenangan
Selamat datang harapan

Serpihan malam bulan separuh,
Jelang hari baru pertanda tiba.
Kembang api membuncah ke angkasa sambut tahun muda 2013.
Selamat tahun baru 2013.
Semoga lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

hidup hanya sebentar
sebentar senang
sebentar sedih
sebentar bokek
sebentar banyak duit
sebentar nangis
sebentar ketawa
Eh, sebentar lagi ganti tahun
Met tahun baru ya

Tahun ini ‘kan berlalu,
Laksana anak panah terlepas dari busurnya.
Fajar baru di tahun yang akan datang,
Semoga menjadi lembaran baru yang lebih baik.
Selamat tahun baru 2013
Semoga lebih maju dan sukses..

buka hati dapat cinta
buka tangan dapat persahabatan
buka mata dapat pemandangan
buka handphone dapat pesan
buka pesan dapat ucapan
selamat tahun baru

|”””|__|”””|.*.*.*.*.
| APPY.*.*.*
|__|”””|__|.*.*.*.*
*.*.*.*.*.*.*.*.*.
*. NEW YEAR ….. *
*.==.== .*
2 U & UR FAMILY
GOD BLESS

Senja indah, kirimkan ciprat keemasan,
kirimkan pertanda keagungan, kekusaan, serta kemegahan.
Meski itu hanya sekejap,
hingga sirna ditepis malam,
pertanda esok akan tiba.
Selamat tahun baru 2013.
Semoga sukses selalu.

Di sekolah di ajar bu Guru
Di pagar sekolah ada tukang bakwan
Mendingan ucapkan selamat tahun baru
Supaya bisa terus makan bakwan! (Maksa…hehehe…=)))
Selamat tahun baru 2013 Semoga kehidupan menjadi lebih baik Dengan rahmat Tuhan dalam kesehatan dan kedamaian Semoga kebahagian, kesuksesan dan keberuntungan mengikuti langkah kita memasuki tahun baru 2013. Semoga tahun baru 2013 menjadi seperti menghirup udara segar dengan keharuman mengisi setiap hari-hari. Selamat tahun baru 2013 Semoga tahun baru memberi 1000 banyak alasan untuk tetap bahagia Sama seperti bunga yang mekar Tahun baru 2013 semoga membawa kesegaran dan keharuman dalam hidup Harapan dan Doa semoga tahun baru 2013 penuh dengan kebahagian dan keberkahan.
FAITH makes all things possible,
HOPE makes all things work,
LOVE makes all things beautiful.
May you have all three in this New Year 2013
Take a walk to serayu
Take a walk with slave
Happy new year to you
I wish you a better life
Have a Wonderful NEW YEAR
A beautiful new year,
A relaxed mind,
A peaceful soul,
A healthy body,
A loving heart,
& answered prayers.
Have a Wonderful Happy NEW YEAR! God bless! 
There are a master and a slave
They are taking a walk to cifor
Happy new year 2013
Hopefully you'll be happier than before 
let sun bring you hope
let stars bring you rightness
let love bring you happiness
let my message bring you the dream come true
happy new year 2013
wish you all the best
Bagaimana sob ? kata kata ucapan selamat tahun baru 2013 diatas semoga bisa memberikan kesan ya, walaupun masih ada teks yang sedikit ngawur tapi tak apalah. he...he...he...!!!

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More