flas script


Jangan Anggap Remeh Penulisan Karakter dalam Pengarsipan

Ketika bekerja dengan berbagai macam berkas (file), jangan pernah menganggap remeh hal yang kita rasa kurang penting. Satu kasus, salah pengetikan nama file/folder pun dapat berakibat sangat fatal. Beberapa kasus yang lain, pengetikan yang salah dapat menghambat kinerja orang lain.
Contohnya satu kasus dimana banyak orang menganggap remeh, yakni pengarsipan di dalam komputer. Secara otomatis, setiap folder di komputer akan diurutkan berdasarkan Abjad (1-9, dan A-Z). Lihatlah gambar di bawah.


Gambar di atas menggambarkan pengarsipan yang kurang benar (istilah halusnya), atau pengarsipan yang sangat buruk (istilah kasarnya). Mengapa demikian? Coba pikirkanlah, berapa waktu yang terbuang ketika kita harus mencari satu persatu nama folder yang tidak sesuai abjad? Berapa tenaga yang sia-sia ketika kita tidak mendapatkan folder yang kita inginkan hanya karena salah ketik?
Mungkin kita bisa menjawab: “Searching aja”. Enak aja kalo ngomong! Coba bayangkan ketika kita sedang mencari suatu file/folder di server yang sedang diakses oleh puluhan atau ratusan orang. Belum lagi ditambah beban server yang semakin hari semakin lemot aja. Ditambah dengan seringnya mati listrik. Bah, mungkin satu minggu baru ketemu!
Itulah pentingnya pengarsipan. Jangan pernah menganggap remeh penulisan atau pengejaan karakter sekalipun, karena akibatnya dapat menghambat kinerja diri sendiri maupun orang lain.

Pengarsipan file/folder yang baik

Beberapa kriteria pengarsipan file/folder yang baik adalah:
  1. Setiap nama folder/file ditulis dengan huruf yang seragam (kapital atau tidak).
  2. Format file di dalam satu folder harus seragam.
  3. Perhatikan penulisan karakter. Contoh:
    • Penulisan Kab A dengan Kab.A itu beda.
    • Penulisan Kabupaten A dengan Kab. A itu beda.
    • Penulisan Kab. A dengan Kab.A itu beda.
Intinya adalah keseragaman. Ada yang mau menambahkan?

Tips Kepribadian :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !

Data Browser Anda
IP


1 komentar:

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More