Kata Mutiara

Kesungguhan Adalah Kunci Keberhasilan

17 Postingan yang perlu Anda Ketahui


Tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia. Terkait hari kemerdekaan bangsa kita tercinta ini, saya menginformasikan 17 jenis postingan blog. Kenapa hanya 17 jenis postingan?
Tujuannya supaya mudah diingat oleh Anda. Sebagai contoh, bila tahun depan Anda merayakan kemerdekaan, mudah-mudahan saja Anda teringat tulisan saya ini.
Selain hasil pengamatan saya dari beberapa blog dalam dan luar negeri, sebagian besar dari ke-17 jenis postingan tersebut sudah saya praktekan di dua blog yang saya miliki saat ini.
1. Tutorial (How to)
Postingan jenis ini memaparkan bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu. Akan lebih baik jika tutorial ini merupakan hasil pengalaman Anda , sehingga tulisan Anda unik.
2. Pencapaian Pribadi
Jenis postingan ini menceritakan kesuksesan Anda dan bagaimana cara Anda mencapainya. Mungkin Anda ragu untuk menuliskan jenis postingan ini karena khawatir dianggap narsis (melebih-lebihkan diri sendiri).
Hemat saya, stop berasumsi seperti ini. Tuliskan sekecil apapun pencapaian Anda itu dan bagaimana cara Anda mencapainya. Sepanjang gaya penulisannya sopan, saya yakin orang lain akan suka membacanya.
Misalnya saja, Blog Anda memperoleh nilai Alexa 100 ribu dalam waktu dua bulan.
Anda bisa menulis judulnya seperti ini: Bagaimana Cara Saya Mencapai Nilai Alexa 100 Ribu Dalam Dua Bulan. Atau, bisa juga seperti ini: 5 Cara Jitu yang Saya Gunakan untuk Mencapai Nilai Alexa 100 ribu dalam dua bulan.
3. Review (Ulasan)
Jenis postingan ini mengulas seluruh aspek suatu produk atau layanan dan terbagi menjadi dua macam yaitu review dibayar dan review pribadi. Di luar review berbayar, review pribadi merupakan hal yag relatif mudah dilakukan.
Anda bisa mereview blog teman Anda (baik positif atau negatif), review lagu-lagu dari band favorit Anda, review film terbaru, dan sebagainya. Jika Anda belum familiar dalam melakukan review pribadi saya menyarankan Anda untuk berkunjung ke blognya Iskandaria.
Di blog milik pemuda lajang berusia 27 tahun ini Anda bisa menemukan beberapa review berkualitas. Satu di antara review terbarunya adalah Review Film Transformer-2 {http://kafe28.blogspot.com/2009/07/transformer-2-animasi-luar-biasa-cerita.html}

4. Postingan Daftar
Postingan jenis ini mendaftar (menyenaraikan) beberapa hal penting dari suatu topik. Jenis postingan ini merupakan salah satu jenis postingan yang banyak dibuat oleh para blogger.
Bagi Anda yang telah beberapa kali berkunjung ke sini, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis postingan ini karena saya sudah banyak membuatnya.
5. Wawancara
Postingan jenis ini menampilkan hasil wawancara dengan orang-orang terkenal atau bisa juga para sahabat. Selain untuk mempererat persahabatan dan networking, wawancara juga untuk memperoleh opini seseorang yang dipandang mumpuni di bidangnya.
6. Profil
Jenis postingan ini menampilkan lebih detail mengenai latar belakang, pendidikan, kesuksesan, atau aktivitas seseorang yang terkenal. Misalnya, saat dulu merebak kasus cinta segitiga, banyak blog yang menampilkan profil Rani Juliani.
7. Postingan Link
Ini berupa postingan yang membahas singkat atau menampilkan semua poin-poin penting (tanpa pembahasan) suatu topik yang diambil dari tulisan blog lain. Misalnya, Blog A menulis 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS.
Karena Anda menganggap tulisan ini penting, Anda bisa membuat postingan link dengan judul yang berbeda, antara lain:
  • Sudahkah Anda tahu 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS?
  • Anda Ingin Meningkatkan Pelanggan RSS? Inilah 10 Cara Jitunya
  • Dan lain-lain.
Dalam postingan yang dibuat, Anda harus menampilkan secara singkat 10 poin tersebut, me-link ke sumber postingan, dan menghimbau pembaca untuk mengunjungi sumber postingan tersebut untuk mengetahui penjelasan lebih dalamnya.
8. Postingan Problem
Jika Anda memiliki problem dengan suatu produk atau layanan, Anda bisa dengan mudah membuat postingan jenis ini. Akan lebih baik jika postingan ini disertai solusinya sehingga pembaca tidak mengalami hal jelek yang dialami Anda dengan produk atau layanan itu.
9. Opini
Postingan ini bisa berupa kesetujuan atau ketidaksetujuan (kritik) Anda terhadap suatu topik. Yang perlu diperhatikan, Anda harus siap mental dengan komentar negatif terhadap opini Anda tersebut. Tidak semua orang sependapat dengan Anda.
10. Inspirasi
Jenis ini berisi kisah-kisah inspirasi dan motivasi, baik dari pengalaman Anda maupun dari diri orang lain.
11. Prediksi
Jenis postingan ini memprediksi apa saja yang akan terjadi di waktu mendatang. Anda bisa secara bebas memprediksinya.

12. Perbandingan
Postingan ini membandingkan kelebihan dan kekurangan dari dua produk atau layanan sejenis. Kunci utama dari jenis postingan ini adalah Anda harus mengenal betul produk-produk tersebut. Misalnya, Produk A vs Produk B.
13. Hipotesis
Jenis postingan ini umumnya menyenangkan dan bisa dibilang datang dari ide gila. Selain itu, pembaca juga bebas berkomentar. Umumnya jenis postingan ini diawali dengan kata “Bagaimana Jika...,apa yang akan terjadi... dll.

14. Projek
Postingan jenis ini menceritakan projek-projek apa yang sedang Anda lakukan. Misalnya, Anda memiliki projek membuat antivirus baru. Anda bisa membuat postingan yang menceritakan projek tersebut dari latar belakang sampai kondisi terakhir saat Anda menulis postingan tersebut.
15. Informasi dan Definisi
Informasi bisa berupa berita terkini atau berita unik dari seluruh penjuru negeri. Sementara itu, definisi adalah penjelasan secara gamblang sebuah topik. Wikipedia adalah situs yang populer dengan jenis postingan definisi.
16. Poling atau Diskusi
Jenis postingan ini meminta pendapat pembaca Anda mengenai topik-topik di luar blog Anda maupun blog Anda sendiri.
17. Kumpulan Postingan (Roundups posts)
Sesuai namanya, jenis postingan adalah kumpulan beberapa postingan terbaik Anda selama kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, Anda bisa membuatnya secara bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, atau satu tahunan.
Lalu bagaimana dengan pendapat anda,silahkan sharing di kolom komentar di bawah.

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Data Browser Anda

IP


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More