flas script


4 Tips Ngeblog dari Matt Mullenweg

Jika anda perhatikan, di sekeliling kita banyak para blogger memberikan tips-tips “ngeblog”, baik ditulis dengan gaya bahasa yang sesuai EYD, ataupun gaya bahasa asal-asalan. Semua memang tergantung kondisi kejiwaan sang blogger itu sendiri saat menulis tips-tips itu.
Kita sendiri saat membacanya pun akan “manggut-manggut” tanda mengerti ataupun sebaliknya, tambah bingung. Jika yang sudah mengerti akan tips-tips tersebut mungkin akan mengiyakan sekedar meninggalkan komentar yang basa-basi, ataupun malah berlalu sambil mencibir.
Namun berbeda tentunya jika yang memberikan tips tersebut adalah orang yang dipandang dalam dunia per-blog-an, bahkan dibilang salah seorang pioner berdirinya WordPress, salah satu engine blog terbesar di dunia saat ini. Siapa lagi kalau bukan Matt Mullenweg.
Di sela WordCamp Indonesia 2009, yang diselenggarakan di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta, Matt memberikan sedikit tips dan trik bagi para blogger agar tidak futur (bahasa lainnya tidak bosan) dalam melakukan aktivitas blogging. Karena diakui atau tidak, kita sepakat bahwa setiap orang akan mempunyai rasa jenuh di bidang apapun, tak terkecuali aktivitas ngeblog.

Tips-tips Ngeblog dari Matt Mullenweg:

  1. Fokus ke Passion

    Dari sekian pengetahuan menggunung yang Anda ketahui, pasti ada satu atau dua topik yang benar-benar menjadi passion atau yang paling diminati. Cobalah untuk meramaikan halaman blog Anda dengan passion tersebut, mau itu bidang fotografi, teknologi, bisnis atau yang lainnya.
    Pasalnya, menurut Mullenweg, dengan semakin seringnya Anda menuliskan topik tersebut, secara tak sadar Anda akan lebih mahir di bidang itu. “Sebab, Anda akan membicarakan dan meng-update pengetahuan mengenai hal itu setiap hari,” ujarnya.
  2. Jangan Menutup Diri

    Menulis di blog juga tak sekadar sharing pengetahuan. Sekadar sharing perasaan yang tengah Anda rasakan juga dapat melatih kemampuan ngeblog Anda. Sedikit narsis memang, tapi cobalah untuk melakukan hal ini, karena nantinya Anda akan terbiasa untuk berbagi di blog terhadap sesuatu yang Anda anggap menarik atau rasakan.
  3. Kunjungi ‘Tetangga’

    Dunia blog amatlah luas dan tak terhingga besarnya. Layaknya manusia yang hidup di dunia nyata, ‘kehidupan’ di dunia blog juga tak terlepas dari interaksi dengan blogger lain. Kata bekennya di kalangan kita adalah “blogwalking”.
    Dengan melakukan ‘jalan-jalan’ santai di blog orang lain, wawasan Anda pastinya juga akan diperkaya. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun Anda juga bisa mengintip gaya tulisan hingga desain blog orang lain yang bisa diadopsi di blog Anda.
  4. Practice Makes Perfect

    Melahirkan gaya tulisan yang bagus dan khas sesuai cita rasa Anda tentunya tak bisa didapat dalam waktu singkat. Hal ini harus diiringi dengan latihan sesering mungkin yang jika sudah rutin dilakukan akan membuat tulisan Anda terasah dengan sendirinya.
    Matt pun menambahkan bahwa agar latihan menulis ini tak dianggap sebagai beban, anggap saja aktivitas ngeblog sebagai ajang untuk mencurahkan isi hati. “Kalau sudah berjalan nanti akan terbiasa sendiri dan tak akan merasa seperti melakukan pekerjaan,” Lanjutnya.
Itulah beberapa tips (yang betul-betul) singkat dari sang pendiri WordPress ini. Tentunya akan sangat baik jika kita menyikapinya dengan antusias, bukan cemoohan, karena bagaimanapun tips-tips yang dia utarakan adalah hasil dari pengalamannya sendiri yang mampu untuk mengantarkannya menjadi seorang yang merajai dunia perblog-an. [Dikutip dengan beberapa penyuntingan dari Detikinet.]
Bagaimana dengan anda, Apakah cukup jelas apa yang dikatakan Matt? Atau malah tambah bingung?

Tips Ngeblog :

Kembali ke Site Map / Daftar Isi di Blog Ini, Klik Di Sini !


Data Browser Anda

IP


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More